Trac Astra Rent a Car merupakan anak perusahaan grup Astra bergerak di bidang  penyewaan mobil  telah melayani  lima pemerintah daerah di wilayah Kalimantan.

“Baru-baru ini kami melakukan kerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda dalam menyediakan sewa mobil  untuk kedinasan di instansi terkait,” kata Manager Trac Astra Rent a Car, Regional Kalimantan Arya Fitriadi, di Samarinda,Jum’at.

Ia mengatakan, kerjasama dengan Pemkot Samarinda merupakan instansi pemerintah daerah yang ke lima dalam pengadaan sewa mobil. Lima pemerintah daerah yang sudah melakukan kerjasama yakni Pemkab Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Paser, Kota Palangka Raya, Kota Banjarmasin dan Kota Samarinda.

Arya Fitriadi menjelaskan, model pelayanan sewa kendaraan Trac Astra ini sudah masuk layanan service kendaraan rutin dan semuanya  ditanggung pihak perusahaan seperti  ganti oli dan lainnya.

Dia mengemukakan, selama ini pemerintah daerah cenderung memenuhi kebutuhan kendaraan dinas melalui sistem sewa yang dinilai lebih efisien. Jika pemerintah daerah melakukan pengadaan dengan pembelian, sementara masa pakai kendaraan di pemerintahan umumnya lebih dari delapan tahun.

“Belum lagi tidak ada jaminan service kendaraan rutin, sehingga kadang mobil yang tahunnya masih muda namun performa mesinnya sudah jauh menurun,” katanya.

Arya Fitriadi  menuturkan, sebenarnya pola pengadaan seperti ini jauh lebih efisien dibanding pengadaan dengan membeli unit. Selain juga membutuhkan dana yang cukup besar dan biasanya tidak ada jaminan service rutin, sehingga mengeluarkan anggaran perawatan kembali.

 “Kami menyewakan sekitar 36 varian mobil dengan harga beragam yang bisa diakses melalui e-katalog. Seperti mobil jenis Toyota Hilux 4WD dengan harga sewa Rp154 juta per tahun dan untuk mobil jenis Toyota Avanza 1.5 Veloz  denganharga sewa sebesar Rp63 juta per tahun,” ucapnya.

Pewarta: Fandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022