Anggota DPRD provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Romadhony Putra Pratama menyatakan pemantapan ruas jalan di Provinsi Kaltim  pada tahun 2023 mestinya ditargetkan bisa terealisasi di atas 80 persen, sebagai persiapan proses menuju ibu kota negara (IKN) Nusantara.

"Kaltim mesti berbenah dari sekarang melalui perbaikan ruas jalan provinsi yang harus dilaksanakan secara maksimal. Kalau bisa tahun depan bukan hanya mantap 78 persen atau 80 persen, tapi bisa 100 persen," ujar Romadhony  ketika dihubungi di Samarinda, Senin .

Menurutnya, dalam hal perbaikan jalan provinsi, proses lelang harus dipercepat. Hal ini karena   melihat dari pengalaman  tahun sebelumnya, proses lelang terutama dalam proyek-proyek infrastruktur dirasa sangat lambat.

Ia menilai, proses lelang yang lambat maka berpengaruh  terhadap terlambatnya proyek infrastruktur jalan yang dirasa penting untuk masyarakat Kaltim. Apalagi tahun depan sudah dimulai pembangunan persiapan IKN.

"Malu juga kita sebagai masyarakat Kaltim jika di tengah proses pembangunan IKN  ternyata masih banyak ruas jalan provinsi yang rusak. Makanya kalau bisa, hal- hal seperti ini dikejar semaksimal mungkin," ucap anggota Komisi III ini.

Dikemukakannya, jika proses lelang kegiatan infrastruktur tidak lambat dan berbelit-belit, mungkin perbaikan ruas jalan provinsi  bukan hanya  terealisasi 80 persen, tapi bisa  mencapai  100 persen.

“DPRD Kaltim baru saja mengesahkan APBD 2023  sebesar Rp17,2 triliun dan lebih banyak dialokasikan ke pembangunan infrastruktur,” kata Romadhony.

Sebelumnya Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kaltim Aji Muhammad Fitra Firnanda menyampaikan jajarannya terus bekerja keras mengejar target 78 persen jalan dalam kondisi mantap pada 2023 nanti.

Sebagai gambaran katanya, jalan yang berstatus jalan provinsi mencapai 895 km, namun yang dalam kondisi mantap sampai saat ini sepanjang 600 km, sisanya masih dalam kondisi rusak.

"Saat ini realisasi perbaikan jalan sudah mencapai 75 persen, dan kita akan terus berusaha maksimal, agar selesai dengan target yang tetapkan,"  ujar Fitra Firnanda.(Fandi/ADV/DPRD Kaltim)

Pewarta: Fandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022