Bupati Kutai Kartanegara (Kukar ) Edi Damansyah serahkan bantuan untuk rehabilitasi rumah ibadah  sebesar Rp 230 juta kepada pengurus Pura Pasopati Parisada Hindu Dharma Indonesia, di Desa Kerta Buana Kecamatan Tenggarong Seberang.
 

Bantuan tersebut sebagai bentuk kehadiran Pemkab Kukar di tengah-tengah umat beragama yang ada di daerah itu dan juga wujud dari program revitalisasi rumah ibadah.

“Umat agama apapun dan keyakinan apapun di Kukar kami pastikan hadir bersama, salah satunya kami memberikan bantuan rehabilitasi rumah ibadah,” kata Edi Damansyah, Senin (29/8/2022).

Selain itu juga dirinya ingin memastikan apakah bantuan yang diberikan melalui program  tersebut  apakah sudah masuk ke rekening pengurus, dan  ternyata dana tersebut sudah masuk ke rekening. Karena sekarang  transaksinya non tunai.

Edi Damansyah juga menyampaikan penghargaan dan terima kasih atas dukungan selama ini, khususnya umat Hindu di Desa Kerta Buana kepada Pemerintah Kabupaten Kukar.

"Saya  ucapkan terima kasih kepada para pemuka umat Hindu khususnya di Desa Kerta Buana yang sudah aktif melakukan pembinaan umatnya, kemudian sarana rumah ibadahnya juga terjaga dengan baik, " ucapnya.

Bupati Edi Damansyah  menilai  bantuan  yang diberikan masih kurang, maka dipastikan  akan menambah bantuan sebesar Rp 200 juta lagi, mengingat bantuan  itu  sangat dibutuhkan untuk penyelesaian beberapa fasilitas, sarana dan prasarana yang ada di Pura Pasopati Parisada.

"Tentunya kami berharap bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya khususnya bagi umat Hindu disini, " katanya.

Dia juga berharap agar umat Hindu di Kukar khususnya di Desa Kerta Buana untuk menjaga dan melestarikan budayanya.

Lanjut Bupati, karena  di dalam visi misi Kukar Idaman 2021-2026, salah satu misi yang fokus di  kerjakan adalah pengembangan pembangunan ekonomi berbasis pertanian, pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Jadi teman-teman warga Kukar yang berasal dari Bali yang sudah ahlinya mengemas tradisi seni budaya dengan menarik dan berkualitas sehingga pada event-event tertentu yang dikolaborasi dengan kegiatan-kegiatan peribadatan bisa diisi dengan kegiatan seni budaya,” harapnya.

Edi Damansyah meminta tradisi seni budaya untuk dipertahankan  dengan baik,  pastikan juga nanti pembinaan budaya  bisa terfasilitasi dengan baik melalui program Kukar Idaman 2021-2026.(Adv)

Pewarta: Sapri Maulana

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022