Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian, penggagas Lari 10K bertema "Mahakam 10K 2022", menilai lomba lari akan mampu menciptakan semangat baru mengisi Kemerdekaan RI, terutama di Samarinda, kawasan penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN). 


"Olahraga lari sangat populer di Indonesia dan banyak yang senang lari, apalagi kalau lomba ini digelar dengan melintasi area yang memanjakan mata, yakni di pinggiran Sungai Mahakam," ujar Hetifah yang berasal dari daerah pemilihan Provinsi Kaltim, dalam rilisnya di Samarinda, Selasa. 

Menurutnya, banyak titik menarik di Sungai Mahakam, salah satunya adalah Jembatan Mahakam, sehingga ia memilih Mahakam 10K 2022 mengambil rute jalan di pinggir Sungai Mahakam. 

Sejak pandemi COVID-19, lanjutnya, masyarakat sudah rindu akan aktivitas luar ruangan yang menyehatkan, sehingga melalui lomba 10K, maka selain tubuh menjadi bugar, masyarakat juga bisa mengenal lebih jauh tentang Sungai Mahakam.

"Lomba lari bertaraf nasional yang  terbuka untuk umum ini paling pas dilaksanakan pada Agustus, agar peserta lebih semangat mengikuti lomba lari dengan membawa pesan gelora Hari Kemerdekaan RI," kata Waketum DPP Partai Golkar ini. 

Untuk itu ia mengajak warga menyambut perayaan hari Kemerdekaan Indonesia dengan semangat berolahraga, apa lagi dengan adanya Ibu Kota Nusantara, sudah selayaknya masyarakat dari berbagai kalangan termasuk pelajar, dan disabilitas ikut menyemarakkan kegiatan ini.

"Kita harus tunjukkan pada dunia bahwa Kalimantan Timur siap menjadi pusat peradaban  baru Indonesia. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menunjukkan pada dunia, diantaranya adalah melalui Mahakam 10K 2022 ini," katanya. 

Ia melanjutkan, Sungai Mahakam merupakan “Ikon Geografis Kalimantan Timur” dengan panjang sekitar 920 km, sebagai sungai terbesar di Kalimantan Timur, Sungai Mahakam menjadi representasi yang menghubungkan berbagai daerah di Kalimantan Timur. 

Berbagai aktivitas mulai dari rutinitas kegiatan warga mencari ikan, perahu penyeberangan, pariwisata, kuliner, hingga olahraga menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat yang berkunjung ke Kalimantan Timur. 

Kalimantan Timur secara keseluruhan, saat ini sedang disiapkan menjadi 'center', bukan hanya untuk pembangunan IKN, tetapi juga dengan kegiatan pendukung lainnya. 

Samarinda, sebagai salah satu kota penyangga IKN, diproyeksikan akan menjadi kota metropolitan rendah karbon dengan konsep sustainable, green, dan technology advanced sudah selayaknya unjuk gigi menunjukkan geliat yang seharusnya dipancarkan oleh sebuah pusat negara. 

"Salah satunya dengan mengadakan kegiatan nasional yang membuat mata tertuju pada Kalimantan Timur. Mahakam 10K yang mengusung tema 'nature, food, and people for sport tourism', maka akan menjadi salah satu kegiatan nasional yang bergengsi di Kalimantan Timur," ucap Hetifah. 

 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022