Para pengusaha di Balikpapan dan Kalimantan Timur dapat bergabung untuk meluaskan usaha dan jaringan di Pasar kulakan yang dapat diakses melalui situs ataupun aplikasi ralali.com.


“Apalagi Balikpapan kini jadi penyangga IKN, Ibukota Nusantara,” kata brand strategis ralali.com Edo Rinaldo akhir pekan lalu.

Ditambah lagi wabah COVID-19 yang semakin terkendali sehingga banyak kegiatan masyarakat, terutama aktivitas ekonomi dan bisnis sudah bisa kembali pada kecepatan penuh, terbukti kembali menghadirkan banyak peluang usaha.

Bergabung di ralali.com, kata Rinaldo, membuat kesempatan lebih mudah dijangkau, selain para pelaku usaha mendapat kesempatan meluaskan relasi usaha dan jangkauan bisnisnya.

Bahkan, ralali memiliki fitur Request for Quotation (RFQ, permintaan untuk mengajukan penawaran) memungkinkan diadakannya barang dengan spesifikasi khusus, termasuk barang yang tidak tersedia di pajangan situs ralali.com atau aplikasinya.

“Apa yang ditawarkan ralali.com ini sangat pas dengan program Hipmi untuk menciptakan kolaborasi antarpelaku usaha,” kata pengurus Hipmi Balikpapan Dhino Nofian Abdhi.

Menurut Dhino, ralali.com menjadikan para pengusaha bagian dari rantai penyedia dan pemasok yang saling terhubung, sehingga ekonomi bisa berputar lebih cepat.

Sejak awal berdiri di tahun 2013, ralali.com memang mengkhususkan situsnya untuk kulakan, sehingga dengan sendirinya menjadi ajang pertemuan antarpelaku usaha. Meskipun pasar daring lainnya seperti tokopedia, termasuk yang dari luar Indonesia seperti blibli.com atau shopee juga memberikan kesempatan seperti itu, namun imaji kalau mau belanja banyak murah menjadi milik ralali. 

“Sekarang kami juga memfasilitasi ragam solusi bisnis untuk mengoptimalkan perkembangan industri MRO di Balikpapan,” kata Rinaldo.

Bisnis maintenance, repair, operation atau pemeliharaan, perbaikan, dan pengoperasian memang menjadi satu jualan utama Balikpapan. Industri yang saat ini bertempat di sepanjang pantai timur Kota Minyak misalnya, adalah bengkel-bengkel pemeliharaan alat barat, mesin-mesin, yang melayani industri migas dan pertambangan.
 

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022