Mobil bertenaga campuran (hybrid) bahan bakar minyak dan listrik Suzuki Ertiga Smart Hybrid akhirnya masuk Balikpapan setelah diluncurkan di Jakarta 10 Juni lampau.
 

“Adalah juga tanggung jawab kami untuk langit biru dan udara yang lebih bersih,” kata Chief Operation Officer PT Samekarindo Indah Dekriswan Zihono, akhir pekan lalu. 

PT Samekarindo Indah adalah dealer utama mobil-mobil keluaran Suzuki untuk Kalimantan Timur.

Mobil listrik atau pun mobil hybrid menghasilkan emisi gas buang yang lebih sedikit dibandingkan mobil dengan mesin konvensional yang membakar pertalite, pertamax, atau pun berbagai jenis solar.

Karena itu mobil listrik atau mobil hybrid dipercaya lebih ramah lingkungan.  

Sebagai mobil hybrid, Ertiga Smart Hybrid tercatat menempuh jarak 20 km untuk 1 liter BBM jenis pertamax, dengan kondisi jalan relatif datar dan lalu lintas lancar.

Saat ini diketahui, rata-rata mobil 1400 cc seperti mobil 7 penumpang ini menghabiskan 1 liter BBM untuk 15 km jarak tempuh.

Hal ini dimungkingkan karena adanya integrated starter generator (ISG) yang berfungsi sebagai motor dan generator untuk menyerap dan menyimpan energi listrik yang diproduksi gerakan mekanis mobil ke batere ion-lithium yang dipasang khusus.

Dengan listrik dari batere ini, komponen elektrik dan digital di dalam mobil dapat terus beroperasi walaupun mobil dimatikan mesinnya.

Ada juga dengan pengaturan tertentu, mesin akan mati secara otomatis bila mobil berhenti di lampu lalu lintas yang menyala merah.

Mesin akan kembali hidup begitu pedal gas diinjak. Selama mesin mati tentu tidak ada pembakaran bahan bakar.

Dengan demikian, kendaraan menghasilkan emisi gas buang yang lebih sedikit karena membakar lebih sedikit BBM dan menjadikannya lebih ramah lingkungan.

“Silakan dicoba sendiri. Kami memberikan kesempatan uji berkendara (test drive),” kata General Manager (GM) PT Samekarindo Indah Bambang Janu Ismoyo pada kesempatan yang sama.

Bagi yang beruntung, ada hadiah motor Suzuki Nex II bagi yang mau menjajal mobil ini.

Tersedia 20 unit motor untuk pemenang dari seluruh Indonesia.

All New Suzuki Ertiga tersedia dalam pilihan transmisi manual 5-percepatan (MT) dan transmisi otomatis 4-percepatan (AT).

Harga di Balikpapan dengan surat-surat lengkap (on the road) mulai dari Rp287 juta.

 
 

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022