Dua dari empat kecamatan di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, berada di zona hijau, sementara dua kecamatan lainnya tetap di zona kuning, namun warga diingatkan tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes). 


"Meski di PPU sudah tidak ada lagi kecamatan di zona oranye dan zona merah, namun prokes harus tetap menjadi perhatian karena masih ada warga yang positif COVID-19," ujar Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten PPU dr Jansje Grace Makisurat di Penajam, Minggu. 

Dua kecamatan yang berada di zona hijau atau sudah tidak ada lagi kasus aktif COVID-19 per hari ini adalah Kecamatan Sepaku dan Kecamatan Waru. 

Untuk dua kecamatan lainnya yang di zona kuning adalah Kecamatan Penajam dengan kasus aktif COVID-19 sebanyak tiga orang, kemudian Kecamatan Babulu dengan kasus aktif COVID-19 tersisa dua orang. 

Hari ini, lanjutnya, terdapat penambahan satu kasus positif COVID-19 yang dinyatakan sembuh, yakni di Waru, sehingga kecamatan ini turun ke zona hijau, sementara Kecamatan Sepaku di zona hijau sejak Rabu lalu. 

Adanya penambahan satu kasus sembuh hari ini, maka total sembuh di Kabupaten PPU menjadi 5.583 orang. Sedangkan total positif sejak 22 Maret 2020 hingga 17 April 2022 mencapai 5.829 orang. 

Perkembangan dari total positif sebanyak ini, selain total sembuh sebanyak 5.583 orang, ada juga yang meninggal, yakni mencapai 241 orang, dan yang masih positif atau dalam masa penyembuhan sebanyak 5 orang.

"Sedangkan total suspek sejak 22 Maret 2020 hingga 17 April 2022 sebanyak 7.520 orang. Dari jumlah ini, terdapat 34 orang diantaranya yang meninggal dengan komorbid, kemudian masih ada 1 suspek dirawat di rumah sakit," ujar Grace. 
 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022