Pemerintah Kabupaten Kutai Kartenagara melelui  program 'Terang Kampungku', Desa Muara Siran, Kecamatan Muara Kaman sudah bisa menikmati listrik 24 jam.
 

Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah langsung meninjau ke rumah-rumah warga yang telah menikmati listrik 24 jam, karena baru saja ditingkatkan pelayanannya.

“Listrik yang sudah tersedia selama 24 jam ini diharapkan berdampak pada peningkatan kualitas hidup masyarakat khususnya masyarakat Desa Muara Siran,” katanya saat melihat langsung jam operasional listrik di salah satu rumah warga, beberapa waktu lalu.

Edi menjelaskan Desa Muara Siran dahulunya merupakan salah satu dari 14 desa yang belum bisa menikmati ketersediaan listrik selama 24 jam.

Bertepatan dengan momentum Hari Ulang Tahun (HUT) RI beberapa waktu lalu, Pemerintah Kabupaten  Kukar bekerjasama dengan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero mendapatkan jatah peningkatan kapasitas daya.

“Dulunya ada 14 desa hanya bisa menikmati listrik selama 12 jam  dan saat malam hari saja, Tetapi saat ini sudah bisa menikmatinya selama 24 jam,” jelasnya.

Bupati dengan menggunakan  sepeda motor mendatangi satu persatu rumah warga  yang telah dialiri listrik.

Setibanya di salah satu rumah warga, dirinya mencoba memastikan dengan menghidupkan salah satu lampu rumah. Benar saja, ruang yang sebelumnya sedikit gelap karena kurangnya cahaya matahari , seketika menjadi terang karena cahaya lampu.

Selain itu juga Edi Damansyah mencoba memastikan peralatan elektonik rumah tangga seperti mesin cucuci dan kulkas, semuanya hidup pada siang hari. Basanya hanya bisa digunakan peralatan elektonik pada malam hari.

"Alhamdulillah Pak, saat ini listrik sudah hidup selama 24 jam. Berarti saat ini sudah bisa bikin es batu," ucap Edi Damansyah, disambut senyum dan senang oleh kepala keluarga yang dikunjungi.(Adv/Kominfo Kukar)

Pewarta: Sapri Maulana

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021