Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah meresmikan penggunaaan bangunan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Desa Muara Siran, Kecamatan Muara Kaman.
 

“Dengan Pamsimas diharapkan bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” katanya saat meresmikan Pamsimas di Kecamatan Muara Kaman, belum lama ini.

Edi Damansyah menyampaikan bahwa Pemkab Kukar sangat serius dalam menanggulangi masalah air bersih, karena merupakan bagian dari program dedikasi Kukar Idaman untuk penyediaan air bersih desa guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Ia juga menyebutkan guna mengoptimalkan keberadaan Pamsimas, maka  pengelolaannya akan diserahkan kepada pihak desa  yakni Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Lanjutnya, kenapa harus BUMDes yang mengelola, karena BUMDes  merupakan  perusahaan desa yang dimilik oleh desa.  Pengelolaan Pamsimas  oleh BUMDes karena prinsipnya usaha air bersih yang dikelola oleh pemerintah bukan untuk mencari keuntungan.

Edi Damansyah menjelaskan  agar keberadaan Pamsimas dapat dimanfaat  untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat. Oleh karena itu  diharapkan peran serta masyarakat khususnya pelanggan untuk menjalankan kewjibannya membayar tagihan setiap bulannya.

“Keberadaan Pamsimas di Muara Siran ini pada prinsipnya dari masyarakat untuk masyarakat,” katanya.

Dia pun berpesan kepada pengelola Pamsimas terkait biaya tarif bulanan yang dibebankan kepada pelanggan, harus berada dibawah tarif normal Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).

"Saya selalu berpesan kepada setiap pengelola  Pamsimas agar dalam menetapkan tarif harus berada dibawah tarif PDAM karena skalanya juga kecil," ucap Edi Damansyah.(Adv/Kominfo Kukar)
 

Pewarta: Sapri Maulana

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021