Anggota Komisi II DPRD Kota Samarinda Laila Fatihah menilai perairan Sungai Mahakam
punya potensi untuk dikembangkan menjadi salah satu destinasi wisata yang bisa mendatangkan Pendapatan Asli Daerah ( PAD).


Laila mencontohkan di Kota Malang Jawa Timur mampu merubah kawasan Sungai Brantas menjadi kampung warna- warna dan bisa menjadi salah satu obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi.

" Saya yakin di Kota Samarinda juga bisa untuk menggarap Sungai Mahakam menjadi lebih indah dan bisa menjadi daya tarik wisatawan," kata Laila Fatihah.

Ia mengaku setuju dengan wacana Wali Kota Samarinda Andi Harun menjadikan Sungai Mahakam sebagai destinasi wisata dengan catatan penganggaran harus maksimal.
 
"Harus diperjuangkan anggarannya dengan maksimal, maka kembali  akan menghasilkan. Artinya harus dihitung semua keperluannya sampai bisa beroperasi," terang polisi PPP tersebut.
 
Logo DPRD Kota Samarinda
Ia menegaskan saat destinasi wisata Sungai Mahakam telah beroperasi dan bisa dinikmati oleh masyarakat dan bisa dijual kepada wisatawan baik lokal maupun manca, tentunya dengan harapan  menjadi salah satu pendapatan asli daerah (PAD) Kota Samarinda.

Oleh karena itu Laila mengingatkan jangan sampai pengelolaannya tidak maksimal, karena jika  penganggaran tidak maksimal , malah nantinya tidak menghasilkan sesuai yang diharapkan.

Laila menilai untuk menjadikan Sungai Mahakam sebagai  destinasi wisata maka perlu dilakukan pembenahan pinggiran sungainya dimana masih banyak warga asli bermukim di sana.

"Kalau membongkar perlu dana yang tidak sedikit dan pasti ada dampak sosial. Tetapi mengajak mereka bekerja sama untuk berpartisipasi membuat Samarinda menjadi tempat yang indah, nyaman untuk berwisata. Mereka pasti mau jika dilibatkan," tegasnya. (adv) 
 

Pewarta: Arumanto

Editor : Arumanto


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021