Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Margahayu, Kecamatan Loa Kulu dipilih mewakili Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) untuk ikut lomba tingkat Provinsi Kaltim pada November mendatang.
 

“PKK Desa Margahayu akan mewakili Kabupaten Kukar pada lomba tingkat Provinsi Kaltim,” kata Kepala Bidang Konsumsi dan Penganekaragaman, Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Sri Novi Hayati didampingi Ketua Pokja 3 Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kukar, Imam Pranawa Utama.

Pihaknya memastikan KWT yang ada berjalan mengelola tanaman di halaman rumah masing-masing. Kemudian mengelola tanaman menjadi produk turunan seperti jahe bubuk. Hal ini akan menjadi penilaian pada lomba tingkat nasional, sebab saat mendaftar data ini akan dikirimkan.

Ia mengatakan jika sudah terdaftar nanti mereka akan datang untuk mencocokkan langsung dengan apa yang dikirimkan, apakah sesuai dengan fakta di lapangan.

Sri Novi Hartati menambahkan, mempersiapkan berkas pendaftaran lomba sebab terakhir sampai tanggal 3 November 2021.

Tak sekadar lomba namun lebih kepada bentuk dukungan terhadap program Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman (Hatinya) TP PKK Kukar untuk peningkatan pangan dan gizi keluarga.

"Kami mengharapkan pihak desa dan masyarakat Margahayu bisa mendukung kegiatan ini supaya bisa sukses dan lancar sampai selesainya lomba ini," ujar Novi.

Dia meminta kegiatan ini harus berkelanjutan, setiap halaman ditanami tanaman guna memenuhi pangan dan gizi keluarga. Kalau bisa, ada tanaman obat keluarga (Toga) seperti jahe dan serai untuk membantu membentengi diri dari Covid-19. Karena dari jaman dulu memang diharapkan minum jamu, jamu itu lah herbal tradisional yang harus dilestarikan.

"Jika terus dikembangkan  mudah-mudahan bisa meningkatkan penghasilan dan pendapatan apalagi ditengah kondisi pandemi," tutupnya.(Adv/Kominfo Kukar)

Pewarta: Sapri Maulana

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021