Pertamina Unit Refinery (UR) Balikpapan mendapatkan apresiasi dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur  melalui penghargaan Adiwiyata untuk program peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan kampung iklim


“Kami dapat penghargaan Adiwiyata untuk program peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan kampung iklim,” jelas Humas Pertamina UR Balikpapan, Ely Chandra Peranginangin, di Balikpapan, Rabu.

Penghargaan itu diserahkan pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur EA Rafiddin Rizal di Balikpapan Selasa (29/6).

Menurut Chandra, contoh program lingkungan yang saat ini dijalankan oleh Pertamina adalah program pengelolaan sampah terpadu di Kelurahan Margasari, kelurahan yang berbatasan langsung dengan pagar kilang (refinery) Pertamina.

Penerima manfaat program ini adalah Kelompok Pemelihara dan Pemanfaat (KPP) Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Kelurahan Margasari.

Kelompok penerima bantuan ini saat ini terus melakukan edukasi kepada warga di sekitarnya untuk peduli pada lingkungan terutama dengan menjaga kebersihan dan tidak membuang sembarangan minyak jelantah atau minyak goreng bekas pakai. Lebih baik lagi minyak jelantah itu dimanfaatkan secara khusus menjadi bahan baku lilin.

Pertamina mensponsori program integrasi pengembangan budi daya black soldier fly (lalat tentara hitam), ayam pedaging, dan tanaman hortikultura di Sungai Wain melalui kelompok Petratonik.

Chandra berharap bahwa penghargaan ini merupakan pemantik komitmen perusahaan untuk terus berkontribusi terhadap kemajuan masyarakat dan kepedulian pada lingkungan.

"Apresiasi ini juga menunjukkan bahwa kegiatan yang dilakukan Pertamina mendapatkan perhatian dari para pemangku kepentingan," kata Chandra.

Program yang dijalankan oleh Pertamina tersebut itu juga sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) yang juga sedang digalakkan oleh Pemerintah khususnya tujuan nomor (1) Tanpa Kemiskinan, (13) Penanganan Perubahan Iklim dan (14) Ekosistem Lautan.

"Penghargaan ini tentunya juga merupakan penghargaan kepada para mitra binaan Pertamina. Keberhasilan program-program yang dijalankan Pertamina, hanya akan berhasil bila para penerima manfaat benar-benar berkomitmen dan melaksanakan program yang disepakati. Hal yang tidak kalah pentingnya adalah dukungan para pemangku kepentingan," demikian Chandra Peranginangin. 

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021