Balikpapan (ANTARA Kaltim) - General Motors (GM) Indonesia memperkenalkan All New Chevrolet Aveo di Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis.

Mobil "hatchback" alias sedan tanpa ekor ini ditargetkan bisa terjual 20 unit per bulan di Kota Minyak saja.

"Dalam Desember ini, kami sudah lepas 4 unit dan masih inden 6 unit lagi," kata Bakti Rahmono, Manajer Kantor Cabang Chevrolet Balikpapan, setelah uji berkendara oleh jurnalis dari Balikpapan Superblock (BSB) ke Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera).

Mobil ini juga diperkenalkan untuk umum pada Jumat (21/12) di E-Walk Balikpapan Superblock. Harga ditawarkan mulai dari Rp188 juta.

Menurut Bakti, masa inden itu paling lama 2 minggu bila mobil yang dibuat di perakitan Chevrolet di Thailand itu sudah ada di Jakarta.

Tapi bila masih menunggu pengiriman dari Thailand, Bakti menjanjikan paling lama 45 hari untuk tiba di Balikpapan.

"Kaltim, Balikpapan terutama, juga Samarinda, adalah pasar terbesar kami," sambung Aripul Amri, penasihat penjualan di Kantor Cabang Chevrolet Balikpapan pada kesempatan yang sama.

Dengan Aveo baru ini, Chevrolet siap bersaing dengan merek-merek lain yang juga menghadirkan sedan mungil hatchback seperti Sirion dari Daihatsu, Honda Jazz, Suzuki Swift, atau Ford Focus.

Menurut Vanda Kusumaningrum, Humas GM Indonesia yang khusus hadir pada kesempatan itu, GM Indonesia melihat pasar mobil untuk anak muda perkotaan, atau mereka yang berjiwa muda terbuka masih sangat luas.

"Aveo ini dirancang sebagai mobil pertama bagi mereka yang berada pada usia 20-35 tahun, mungkin masih lajang, atau baru berkeluarga, dan punya mobilitas tinggi," tutur Vanda.

Kesenyapan kabin menjadi salah satu andalan Aveo baru ini. Dengan kabin yang menyerap sedemikian rupa kebisingan dari luar mobil, anak muda bisa memasang perangkat audio dan menikmati musik sambil berkendara secara maksimal.

Selain perangkat keselamatan standar seperti airbag, sabuk pengaman untuk keempat penumpang, GM juga memperkuat rangka monocoque mobil berpenggerak roda depan ini.

Rangka diperkuat secara khusus di bagian samping sehingga mampu menahan benturan dari sisi kiri atau kanan mobil dan menyelamatkan penumpang di dalamnya.

"Itu khas mobil-mobil Amerika-Eropa, dimana keselamatan orang adalah hal yang utama," kata Vanda.

Chevrolet All New Aveo menggunakan mesin GM 1.4 L dengan poros bubungan ganda yang menghasilkan tenaga 100 ekor kuda pada putaran mesin 6.000 kali per menit (rpm). Menurut Aripul Amri, mesin ini kapasitasnya lebih kecil dari Aveo lama yang 1.500 cc, namun dengan lebih efisien bisa menghasilkan daya lebih besar.

"Konsumsi bahan bakarnya, kami pernah bawa mendaki ke Gunung Bromo di Jawa Timur, 1 liter untuk 11 km. Jalan mendaki lho itu," kata Vanda.

Tenaga mesin tadi disalurkan melalui 4 percepatan maju dan 1 mundur untuk tipe LS dan 6 percepatan pada transmisi otomatis.

"Koplingnya lumayan empuk dan halus," kata Wikan, jurnalis foto Tribun Kaltim yang mendapat kesempatan pertama mencoba All New Aveo.

Fitur-fitur standar mobil zaman sekarang juga melekat seperti power window, penyetelan kaca spion elektrik, penyejuk udara, hingga setir yang bisa disesuaikan dengan tinggi rendah pengemudi. (*)

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012