Tana Paser (ANTARAKaltim) - Jajaran Satuan Lalu Lintas Polres Paser, Kalimantan Timur, akan menggelar Operasi Zebra selama sepekan mulai 28 November hingga 11 Desember 2012, guna menciptakan ketertiban berlalu lintas di wilayah itu.

Kepala Satlantas Polres Paser AKP Recky Robertho, Rabu, mengatakan, operasi zebra ini mengedepankan pada tindakan teguran lisan dan tertulis, namun pihaknya tetap akan menilang pengendara yang sekiranya mengganggu keamanan, ketertiban, keselamatan dan kelancaran lalu lintas.

"Penindakan akan dilakukan dengan cara penilangan maupun teguran," katanya.

Operasi Zebra ini, lanjut Recky, akan dilakukan di seluruh wilayah hukum Polres Paser dan bertujuan menciptakan kondisi sebelum digelar Operasi Lilin pada Desember 2012.

Menurutnya, jenis pelanggaran yang akan ditindak yakni pelanggaran yang berpotensi pada kecelakaan, seperti tidak mengenakan helm, tidak menyalakan lampu, dan bentuk pelanggaran lainnya.

Operasi yang digelar, lanjutnya, diharapkan mampu menekan angka pelanggaran lalu lintas di Kabupaten Paser.

"Berdasarkan arahan Korlantas Polri Operasi Zebra tahun 2012 ini tindakan yang diambil diubah prosentasenya menjadi Preentif 40 persen, Preventif 40 persen, Represif 20 persen," kata perwira pertama ini. (*)

Pewarta: R Wartono

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012