Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melakukan persiapan  untuk menuju  pelaksanaan Analog Switch Off (ASO)  pada 30 Juni 2021  yakni migrasi siaran televisi analog ke digital.
 

 “Kaltim optimis bisa menuju ASO pada 30 Juni 2021, oleh karena itu sedang dipersiapkan  migrasi dari sistem siaran TV analog ke digital bersama lembaga terkait ,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi  Provinsi Kalimantan Timur, HM Faisal  pada Kaltim Fair 2021 di Atrium Big Mall Samarinda, Rabu.

Ia mengatakan  sebenarnya pelaksanaan ASO di Indonesia  ditargetkan pada November 2022 . Namun  di  Provinsi Kaltim masuk pada  tahapan awal dengan target 30 Juni 2021 bersama 12 provinsi lainnya di Indonesia .

Faisal menjelaskan bahwa  diajang Kaltim Fair 2021 Diskominfo menyosialisasikan  dengan  menampilkan  siaran televisi digital. Hanya dengan cukup  menggunakan antena biasa , sudah  bisa  menikmati siaran yang bersih dan jernih.

Lanjut dia selain bersih  juga jernih siarannya, lebih penting lagi semua channel televisi  bisa dinikmati masyarakat dengan tidak dipungut bayaran alias gratis.

Menurutnya siaran televisi digital dapat dinikmati secara gratis,  Tapi bagi  masyarakat yang mampu silahkan saja terus mengikuti paket berbayar yang telah digunakan  dan  ini malah menjadi bonus  hanya memasang antena saja.

 Faisal menambahkan  selama masa transisi   dari siaran analog menuju  digital, Diskominfo Kaltim bersama KPID Kaltim terus mensosialisasikan  kepada masyarakat.
 

Pewarta: Rhd

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021