Pemerintah tetapkan 10 Prioritas Nasional dalam RKP 2018

Pemerintah tetapkan 10 Prioritas Nasional dalam RKP 2018

Presiden Joko Widodo (kanan) bersama Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro membuka acara Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional 2017 di Jakarta (27/4) (Antara)

Jakarta (Antara) -- Pemerintah telah mentapkan 10 Prioritas Nasional dan 30 Program Pemerintah dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2018 di acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2017 di Jakarta, Rabu (27/4).

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, saat menyampaikan sambutannya, mengatakan 10 Prioritas Nasional meliputi; sektor pendidikan; kesehatan; perumahan dan pemukiman; pengembangan dunia usaha dan pariwisata; ketahanan energi; ketahanan pangan; penanggulanang kemiskinan; infrastruktur, konektivitas, dan kemaritiman; pembangunan wilayah; dan politik, hukum, pertahanan, dan keamanan.

"Setelah menetapkan 10 Prioritas Nasional, kita ingin alokasi anggaran benar-benar diarahkan untuk mendukung terwujudnya 10 Prioritas Nasional yang didukung 30 Program Prioritas," ujar Bambang.

Bambang melanjutkan, penetapan 10 Program Prioritas 2018 tidak terlepas dari arahan Presiden Joko Widodo agar perencanaan pembangunan lebih terfokus dan mengedepankan prioritas.

"Penetapan 10 Prioritas Nasional harus menjadi acuan bagi Kementerian/Lembaga maupun daerah agar perencanaan pembangunan," imbuh Bambang.

Lebih lanjut Bambang menambahkan untuk mendukung 10 Prioritas Nasional juga dilakukan pengarusutamaan (mainstreaming) Revolusi Mental, Kesetaraan Gender, Perubahan Iklim, Pemerataan dan Tata Kelola Pemerintahan yang baik. Upaya mencapai 10 Prioritas Nasional dilaksanakan oleh Kementerian/Lembaga bersama Pemerintah Daerah serta terintegrasi melalui penetapan program, kegiatan, serta proyek prioritas yang menyebutkan lokasi kegiatannya. Menurut Bambang upaya ini juga dilakukan dengan mengintegrasikan berbagai sumber pembiayaan dari Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah maupun BUMN dan Swasta.    

Baca juga: (Program Compact Indonesia dukung pengembangan sumber daya manusia secara terpadu dan efektif)
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2017