Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Paser menggelar kegiatan Forum Konsultasi publik  untuk mendapatkan masukan dari masyarakat terkait program pembangunan tahun 2022 di Pendopo Kabupaten.


"Forum ini menjadi ruang publik untuk menerima masukan terhadap rencana program pembangunan tahun 2022," kata Kepala Bapedalitbang Paser,Muksin di Tanah Grogot,, Senin (8/2).

Ia mengatakan ada tiga program prioritas guna meningkatkan kualitas pembangunan daerah pada tahun 2022. Ketiga program prioritas tersebut kata Muksin diantaranya peningkatan infrastruktur, pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), dan penguatan ekonomi daerah.

Dikemukakan dia, pembangunan infrastuktur bertujuan menunjang pembangunan ekonomi masyarakat seperti produksi dan pertanian.

Adapun pembangunan SDM bertujuan menciptakan SDM yang mandiri dan memiliki jiwa kewirausahaan.

Sementara peningkatan ekonomi akan difokuskan pada penguatan sektor ekonomi lokal guna menunjang ekonomi daerah.

“Seperti sektor pertanian, pertenakan terus kita tingkatkan produksinya, dan UMKM agar masyarakat punya jaringan usaha sehingga sejahtera,” katanya. 

Muksin mengatakan ketiga program prioritas tersebut disampaikan dalam forum konsultasi publik agar mendapat saran dan masukan masyarakat dari berbagai pihak sehingga masing-masing perangkat daerah dapat menyesuaikannya dengan visi misi tersebut.

“Pembahasan masih secara umum, kita sampaikan tentang gambaran RKPD tahun 2022,” katanya.

Sinkronisasi perangkat daerah, lanjut Muksin, harus sesuai dengan kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan nasional, dan sinkronisasi program dan kegiatan hasil musrembang hingga tingkat desa.

Dia berharap para perangkat daerah menajamkan program prioritas untuk menunjang prioritas pembangunan yang telah ditetapkan.

“Harapan kami program mereka bersinergi dengan program yang telah ditetapkan,” ujar Muksin.

 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021