Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, bakal menuntaskan penyaluran Bantuan Langsung Dana Desa (BLT DD) tahap V dan VI untuk meringankan beban warga tidak mampu terdampak pandemi COVID-19 hingga akhir Desember 2020.

"Kami targetkan penyaluran BLT DD yang tahap terakhir ke V dan ke VI paling lambat sampai Desember 2020," ujar Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Penajam Paser Utara, Nurbayah ketika ditemui di Penajam, Senin.

"Saat ini BLT DD tahap IV masih dalam proses pencairan kepada masing-masing KPM (keluarga penerima manfaat)," tambahnya.

Sementara untuk tahap selanjutnya ke V dan ke VI lanjut Nurbayah, akan dilakukan pada November dan paling lambat penyaluran rampung akhir Desember 2020.

Jadwal penyaluran BLT DD di masing-masing desa menurut dia, tidak sama karena menyesuaikan kesiapan anggaran desa bersangkutan

Berdasarkan surat edaran Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi penyaluran tahap bantuan bersumber dari dana desa tersebut berakhir pada Desember 2020.

Namun diharapkan kepada 30 desa agar mempercepat proses penyaluran BLT DD kepada 2.378 KPM.

"Situasi dan kondisi ekonomi saat ini cukup sulit akibat mewabahnya virus corona," ucap Nurbayah.

"Kami targetkan penyaluran BLT DD itu sampai November 2020, tapi ada keterlambatan penyaluran pada tahap III," ungkapnya.

Jadwal penyaluran BLT DD tahap ke III jelasnya, pada Agustus namun karena ada permasalahan teknis baru dicairkan pada September 2020.

Sehingga jadwal penyaluran BLT DD tahap ke IV, ke V dan ke VI,"kata Nurbayah, mengalami pengunduran juga dan paling lambat tahap terakhir selesai akhir Desember 2020.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020