Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, mengalokasikan anggaran pada 2020 sebesar Rp3,55 miliar untuk bantuan biaya belajar atau beasiswa 592 pelajar dan mahasiswa. 

"Anggaran beasiswa pelajar dan mahasiswa tahun ini disediakan Rp3,55 miliar," ujar Kepala Bagian Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara Anang Widianto ketika ditemui di Penajam, Jumat.

Permohonan untuk program beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa semakin meningkat sehingga Bagian Kesejahteraan Rakyat atau Kesra berupaya untuk memenuhi permohonan tersebut.

Anggaran beasiswa yang dialokasikan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara tersebut, kata Anang Widianto, untuk disalurkan kepada 392 pelajar sekolah dasar hingga sekolah menengah atas sederajat.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara juga menyalurkan bantuan biaya belajar untuk 200 mahasiswa S1 (strata satu) dan D3 (diploma tiga), serta mahasiswa tugas akhir.

Namun, penyaluran beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa tersebut tertunda, yang seharusnya pencairan beasiswa dilakukan pada Agustus 2020.

"Karena pandemi COVID-19 memuncak pada Juni 2020, sehingga pencairan beasiswa itu molor sampai sekarang," ungkap Anang Widianto.

Ia memastikan seluruh proses administrasi penyaluran beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa tersebut sudah selesai.

Anang Widianto optimistis pencairan beasiswa untuk pelajar dan mahasiswa dapat dilakukan dalam dua hari.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara terus berkomitmen melaksanakan berbagai program untuk memajukan bidang pendidikan.

Program-program pendidikan tersebut sebagai upaya mempersiapkan sumber daya manusia di Kabupaten Penajam Paser Utara yang lebih berkualitas.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020