Bontang  (ANTARA News Kaltim) - Lembaga Amil Zakat (LAZ) Yaumil PT Badak Kota Bontang menyalurkan 290 bingkisan sembako bagi 290 kepala keluarga di enam lokasi komunitas terpencil, serta 375 baju koko bagi santri di tujuh panti dan pondok pesantren.

"Total paket sembako bagi 290 KK mustahik di enam lokasi terpencil senilai Rp46,4 juta dan paket baju koko untuk 375 santri serta 55 ustadz di tujuh panti dan ponpes senilai Rp328 Juta," kata Senior Manager Comunication PT Badak NGL, Kuswana, di Bontang, Minggu.

Kuswana dalam penyerahan secara simbolis bingkisan sembako pada Sabtu (4/8), didampingi Ketua Laz Yaumil Bambang Suprijadi, Manajer Operasional Jhoni, Ketua Devisi Pemberdayaan Ekonomi Umat Sugiono, Manajer Baitul Mall Tanwil (BMT) Mitra Amanah Wagiran.

"Penyerahan secara simbolis ini sengaja kami kemas melalui buka bersama, jamaah Shalat Magrib dan dilanjutkan dengan jamaah Shalat Tarawih," kata Sugiono.

Buka bersama yang dipusatkan di perkampungan di atas laut di Selangan juga dihadiri warga dari Tihi-Tihi, Loktunggul, Segendis, Teluk Kadere, Malahing, dan Salantuko.

"Selain bingkisan sembako, bantuan yang diberikan selama Ramadhan 1433 Hijriah bagi warga di tujuh lokasi pinggiran di Bontang yakni solar 150 liter, wireless untuk majelis taklim senilai Rp1,77 juta serta zakat fitrah," kata Sugiono.

Sementara itu bantuan Safari Ramadhan Laz Yaumil PT Badak ke santri dan ustadz pada 2012 dipusatkan di Ponpes Darrul Qurro Tanjung Laut juga dihadiri enam pesantren dan panti asuhan lainnya yakni Syaichona Kholil, Hidayatullah, Al Misbach, Ibnu Hasyim, Aisyiah, Mawadatullah.

"Masing-masing mendapatkan bantuan berupa baju koko satu stel untuk 375 santri dan baju koko untuk 55 ustadz dan uang Rp2,5 juta untuk operasional," kata Sugiono.

Program pemberdayaan zakat LAZ Yaumil PT Badak saat ini, kata Sugiono, antara lain modal usaha lewat BMT Mitra Amanah, Majelis Taklim atau pengajian, bantuan peralatan sekolah beasiswa peduli sekitar, pembinaan guru-guru TKA/TPA, insentif TKA/TPA, insentif guru PAUD. (*)

Pewarta: Suratmi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012