Dinas Perindustrian Kota Samarinda kembali menggelar pelatihan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada para UMKM pembuatan Crispy dan Iwak Rabuk (Abon).
 

“Bimtek sempat tertunda selama satu bulan lebih dan kembali bisa terlaksana  setelah memperhatikan kondisi pandemi COVID-19 di Kota Samarinda dan atas saran dari Dinas Kesehatan  tetap  memperhatikan protocol kesehatan yang ketat,” Kata Kepala Dinas Perindustrian Kota Samarinda, Muhammad Faisal di Samarinda, Kamis.

Dia mengatakan kegiatan Bimtek Pembuatan Crispy dan Iwak Rabuk (abon )  tersebut  di buka oleh Ibu Hj Puji Setyowati sebagai Ketua PKK Kota Samarinda  dan diikuti sebanyak 25 orang peserta berlangsung selama dua hari .

Faisal mengungkapkan ada yang baru dalam pola kegiatan Bimtek kali ini, yakni pada proses penjaringan peserta dengan menggunakan metode baru melalui pola pendaftaran online, ternyata hal itu cukup efektif dan efesien.

“Peserta  yang mendaftar secara online  animonya cukup besar ,  hingga penutupan ada  82 pendaftar , namun tidak semua bisa ikut , mereka  kami pilih sebanyak 25 orang,”katanya.

Lanjut Faisal  sisanya kembali  dilakukan seleksi sebanyak 25 orang yang akan  mengikuti Bimtek pembuatan Abon Ikan pada tanggal 24-25 Agustus 2020.

Ia menjelaskan hari pertama  di isi materi dari 3 narasumber  di antaranya  Ir Rita Dinar Tiurmaida,  Kezia Arum Sary dan  dari Universitas Mulawarman . Pada hari pertama kegiatan praktek  dipandu  instruktur  Diana pemilik brand Dapoer Ikan Diana seorang  IKM teri crispy dikota Samarinda.

“InsyaAllah di bulan Agustuis akan ada dua Bimtek lagi yakni  Bimtek Pembuatan Abon Ikan pada  24-25 dan Bimtek Service HP pada tanggal 26-28 Agustus,” katanya.

Sementara itu  HJ Puji Setyowati  menyambut baik kegiatan  Bimtek yang bermanfaat membantu warga untuk kreatif dan berinovasi , tetapi  dalam pelaksanaannya tetap  memperhatikan protokol Kesehatan.

“Kita tidak bisa pasrah dengan keadaan pandemi COVID-19 , tapi harus terus bergerak beraktivitas sesuai situasi dan kondisi di Kota Samarinda,” katanya.

Dia juga mengajak kepada para peserta untuk terus berkreatif dan berproduktif dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.  Hal ini benar-benar murni keinginan dan minat sendiri dengan ikut mendaftar, ini merupakan motivasi awal  untuk  meraih  sukses .

Sementara salah seorang peserta , Nila mengaku  merasa senang  dengan mengikuti Bimtek  yang dilaksanakan Disperindustrian  Kota Samarinda .

 

Pewarta: Rhd

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020