Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kaltim, H Muhammad Syirajudin menginstruksikan menutup sementara Kantor Dispora Kaltim untuk semua kegiatan terhitung sejak 27 Juli hingga 7 Agustus 2020.
 

"Kita ketahui bersama saat ini ada sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) dan non ASN Pemprov Kaltim yang hasil swab testnya positif COVID-19. Untuk itu silahkan pegawai Dispora Kaltim bekerja dari rumah. Apabila ada pegawai sempat kontak fisik dengan mereka yang positif agar segera memeriksakan kesehatannya, " kata Syirajudin melalui pesan yang dikirimkannya di grup percakapan Pegawai Dispora Kaltim, Jumat (24/7).

Sebelum ditutup, salah satu upaya mengantisipasi penyebaran Corona Virus Disease 2019  (COVID-19), Dispora bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim untuk melakukan penyemprotan cairan disinfektan di seluruh areal kantor yang terletak di Kompleks Stadion Madya Sempaja Samarinda.

Petugas BPBD langsung menyasar seluruh ruangan kerja gedung 2 lantai tersebut, dimulai ruang Bidang Pengembangan Pemuda, Pemberdayaan Pemuda, Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Ruang Sekretarit, ruang kepala DInas, Bidang Pembudayaan Olahraga, bahkan hingga ks eluruh rungan termasuk dapur dan kantin

Kepala Bidang peningkatan Prestasi Olahraga Agus Tianur, mengatakan saat ini  perkantoran menjadi klaster baru penularan COVID- 19 di beberapa daerah di tanah air, termasuk di Kalimantan Timur.

Menurutnya sebagimana diketahui bersama, saat ini di sejumlah daerah melaporkan adanya klaster baru penyebaran virus corona di perkantoran, baik pemerintahan maupun swasta. Hal ini bisa jadi dibawa oleh pegawai dari luar kantor, kemudian berinteraksi dengan rekan kerja tanpa memperhatikan protokol kesehatan, seperti penggunaan masker yang masih banyak disepelekan.

"Di kantor Dispora sendiri,setiap tamu maupun pegawai harus menjalani protokol kesehatan yang telah ditetapkan, dimulai mencuci tangan, pemeriksaan suhu tubuh, penggunaan masker di seluruh areal perkantoran, serta menjaga jarak aman, dan pembatasan jumlah pegawai yang masuk kerja tiap harinya melalui sistem piket," katanya.

Diungkapkan juga untuk kawasan Kompleks Stadion Madya Sempaja dan Stadion Utama Palaran, secara rutin dilakukan penyemprotan cairan disinfektan oleh Unit Pelaksana Tekhnis Dinas Pengelola Prasarana Olahraga (UPTD PPO) Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim.

Diakuinya untuk pelaksanaan jambore Pemuda Indonesia yang dilakukan di Aula Dispora Kaltim dengan diikuti Kabupaten Kutai barat dan kabupaten Mahakam Ulu di laksanakan sesuai dengan protokol tetap kesehatan di bidang kepemudaan dari kementerian pemuda dan Olahraga.

"Panitia memberikan perlengkapan seperti masker, hand sanitizer (cairan pembersih tangan), face shield (pelindung muka) dan pengukuran suhu badan serta beberapa peserta membawa surat keterangan non reaktif berdasarkan hasil rapid test (test cepat)," katanya.

 Agus Tianur  menambahkan terkait ditutupnya Kantor Dispora, maka pelayanan sementara dilakukan secara online melalui :
DM Instagram @dispora_kaltim
MESSENGER Facebook @Dispora Kalimantan Timur
MESSAGES Twitter @dispora_kaltim
e-mail di mail@disporakaltim.info atau @ dispora_kaltim@yahoo.co.id

 

Pewarta: Arif Maulana

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020