Plt Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekprov Kaltim, Moh Jauhar Efendi menegaskan kunci sukses di era baru atau kebijakan new normal yang produktif dan aman COVID-19 adalah kreatif mengembangkan keahlian maupun usaha digeluti. 


"Kuncinya itu, di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang dan persiapan menuju tatanan hidup baru normal produktif dan aman COVID- 19 kita dituntut harus kreatif agar bisa tetap menangkap peluang mengikuti perkembangan, " tegas Moh Jauhar Efendi saat menjadi pembicara pelatihan online digagas Trustco, Senin (15/6). 

Sebagai contoh pada masa pandemi seperti sekarang usaha yang cenderung naik adalah sektor kesehatan seperti masker, hand sanitizer, tissu basah, dan lainnya. 

Bagi mereka yang kreatif maka kondisi tersebut menjadi peluang untuk merebut pasarnya. 

Ia mencontohkan seperti di pulau Jawa, penjual sayur sudah mulai berjualan  dengan cara online. Hal tersebut menunjukan kreatifitas menangkap peluang karena orang takut keluar rumah membeli kebutuhan sehari-hari. Oleh karena itu dituntut  harus kreatif menangkap peluang yang ada.

Menurutnya banyak cara yang dapat dilakukan, yang terpenting adalah hadapi, jalani dan tetap waspada. Cobalah melihat peluang dari segala situasi dan kondisi karena hal itu akan mengubah sudut pandang cara berpikir seseorang. 

Sementara pelatihan online yang digagas Trustco tersebut diikuti sebanyak 179 peserta dengan tema "Tangguh dan Tumbuh di Era Baru". 
 

Pewarta: Arif Maulana

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020