Bupati Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Abdul Gafur Mas'ud mengungkapkan satu warga berstatus pasien dalam pengawasan yang menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD Ratu Aji Putri Botung dinyatakan negatif terjangkit virus corona dari hasil pemeriksaan swab.

"Satu pasien dinyatakan negatif corona dari hasil swab setelah menjalani perawatan di RSUD dan diperbolehkan pulang," jelas Bupati ketika dihubungi di Penajam, Sabtu.

Warga Kecamatan Penajam berjenis kelamin laki-laki yang dinyatakan negatif virus corona tersebut pelaku perjalanan ke Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Sebelumnya, lima warga Kabupaten Penajam Paser Utara pelaku perjalanan ke Kabupaten Gowa dinyatakan positif dari hasil pemeriksaan cepat virus corona (rapid test), dan menjalani perawatan insentif di ruang isolasi RSUD Ratu Aji Putri Botung.

Kemudian dilakukan pemeriksaan swab terhadap kelima pasien dalam pengawasan (PDP) tersebut, hasil pemeriksaan swab di Kota Surabaya, Jawa Timur, menyatakan salah satu PDP negatif virus corona.

Setelah dinyatakan negatif virus corona dari hasil pemeriksaan swab pasien bersangkutan diperbolehkan pulang dari RSUD Ratu Aji Putri Botung, namun ,tetap melakukan isolasi mandiri menjalani pemulihan di rumah dipantau tim medis.

"Sejauh ini sudah ada pasien COVID-19 yang dirawat di RSUD sembuh dan sudah berkumpul bersama keluarganya," kata Abdul Gafur Mas'ud.

Kondisi itu, lanjut Bupati, membuktikan bahwa virus corona jenis baru penyebab COVID-19 bisa dilawan dan disembuhkan, jadi diharapkan masyarakat tidak panik.

Menyangkut penolakan warga mengenai pemindahan orang dalam pemantauan (ODP) ke kompleks rumah susun sewa (rusunawa) di kilometer satu Kecamatan Penajam menurut Abdul Gafur Mas'ud, sepenuhnya sudah rampung.

"Sudah ditangani TNI/Polri, aparat Polres dan Kodim 0913 Penajam Paser Utara ikut melakukan pengawasan menjamin keamanan di lingkungan rusunawa," tambahnya.

Menempatkan para ODP di rusunawa tersebut, jelas Abdul Gafur Mas'ud, untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 agar tidak menular ke keluarga dan lingkungan sekitar.

Pewarta: Bagus purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020