Tanjung Redeb (ANTARA News Kaltim) - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Berau menggelar donor darah yang dilaksanakan di lantai dasar Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Rivai dalam rangka memperingati Hari Bhakti Dokter Indonesia (HBDI) ke-104.

Sekretaris IDI Berau, Dr Erva Anggriana, di Tanjung Redeb, Senin, mengatakan kegiatan sosial tersebut merupakan salah satu agenda memperingati HBDI.

Melalui tema HBDI "Dokter Untuk Semua, Sejahtera Untuk Bangsa", menurut Erva, keberadaan Dokter perlu menjadi salah satu pilar yang mampu memberikan sebuah dukungan kepada seluruh lapisan masyarakat pada aspek kesehatan.

"Donor darah kali ini diselenggarakan di lantai dasar poliklinik RSUD Dr Abdul Rivai. Antusias anggota IDI dan masyarakat umum sungguh baik, sehingga pelaksanaan donor darah ini berjalan dengan baik dan sesuai dengan harapan panitia," kata Erva.

Antusias masyarakat terhadap kegiatan HBDI ini dinilai sangat baik, mengingat banyaknya warga yang turut berpartisipasi, sayangnya, menurut Erva, tidak semua pendonor dapat diterima mengingat ada ketentuan medis yang ditaati sebelum diperbolehkan mendonorkan darah.

Dijelaskan Erva, peserta donor yang ditolak untuk sementara waktu karena tidak memenuhi syarat untuk menjadi donor darah. Misalnya kesehatan umum kurang baik akibat flu, berat badan kurang, pendonor baru saja melakukan operasi, tekanan darah terlalu rendah, baru 1 bulan yang lalu melakukan donor darah dan wanita yang sedang mengalami menstruasi.

"Namun dalam waktu kurang lebih 2,5 jam, darah yang berhasil dikumpulkan kurang lebih 52 kantong," katanya.

Dia mengharapkan kegiatan seperti ini akan selalu berkelanjutan, agar kekurangan stok darah di berau tidak terjadi. Panitia juga menjaring data semua peserta yang ingin mendonor hari ini, sehingga jika dibutuhkan dikemudian hari IDI bisa menjadi salah satu mediator untuk mencarikan pendonor jika kondisi di Berau susah mendapatkan pendonor.

Acara HBDI 2012 agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena acara HBDI IDI cabang Berau tahun ini dilaksanakan dua tahap.

Tahap pertama donor darah yang dilaksanakan bertepatan dengan Hari baktinya, tahap kedua Acara Bakti sosial di Kecamatan Segah yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Juni minggu kedua.  (*)

Pewarta: Helda Mildiana

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012