Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara menggelar lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) untuk umum dan pelajar dengan pendaftaran peserta  dibuka mulai 2 Maret hingga 30 April 2020.


"Untuk pengumpulan proposal lomba jadwalnya 20 - 30 April," ujar Kasubbid Pengembangan, Difusi Inovasi, dan Penerapan Teknologi Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) Kabupaten Penajam Paser Utara Sonny Januar Ikhsan di Waru, Kamis.

Hal itu ia katakan saat menghadiri musyawarah antardesa dalam rangka Pembentukan Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) yang digelar di ruang pertemuan Kecamatan Waru.

Ia berharap, para kreator dan inovator yang tersebar di Kecamatan Waru, khususnya dan seluruh kabupaten setempat pada umumnya segera mendaftarkan diri dalam lomba itu.

Dia menjelaskan total penghargaan bagi pemenang lomba Rp48 juta dengan pajak ditanggung pemenang. Pemenang lomba dari masing masing kategori enam pemenang.

Rincian hadiahnya, juara pertama Rp5 juta plus piagam, juara kedua Rp4 juta plus piagam, dan juara ketiga Rp3 juta plus piagam, sedangkan juara harapan satu sampai enam mendapat piagam plus sertifikat.

"Untuk pemenang lomba Inovasi TTG 2020, baik kategori umum maupun pelajar, harus siap menjadi duta Pemkab PPU (Penajam Paser Utara) dalam ajang kompetisi inovasi atau pameran inovasi, baik tingkat provinsi maupun tingkat nasional," ujar Sonny.

Lomba Inovasi TTG untuk umum dan pelajar itu mencakup hasil kreativitas dan inovasi yang dilakukan kelompok atau tim dari masyarakat dan pelajar.

Hasil inovasi yang dilombakan, meliputi bidang kesehatan, lingkungan hidup, pangan dan agribisnis, pariwisata, energi, kerajinan dan industri rumah tangga, teknologi informasi dan komunikasi, perikanan, pertanian, pendidikan, serta sosial budaya.

Ia menjelaskan lomba itu untuk mendorong terbentuknya budaya kreatif dan inovatif di bidang iptek, guna meningkatkan daya saing serta kesejahteraan masyarakat.

"Kemudian untuk memberikan penghargaan kepada masyarakat atau kelompok yang mampu menghasilkan karya kreatif dan inovatif. Tema dalam lomba ini adalah PPU Semakin Maju dan Modern dengan Kreatifitas Inovasi dalam rangka mendukung IKN," ucap dia.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020