Pelayanan kesehatan  Puskesmas Bengkuring untuk masyarakat  sekitar terpaksa dipindah sementara di halaman Masjid Al Muhajirin Bengkuring, Jalan Bengkuring Raya, Kelurahan Sempaja Timur, Kecamatan Samarinda Utara, karena gedung Puskesmas terendam air.

"Puskesmas Bengkuring tetap memberikan pelayanan seperti biasa, namun untuk sementara  tempatnya dipindahkan ke lokasi Masjid Al Muhajirin karena pelayanan di Puskesmas tidak memungkinkan," kata salah seorang petugas Puskesmas Bengkuring, Unai di Samarinda, Rabu (15/1).

Ia mengatakan, saat ini air menggenangi gedung Puskesmas dengan ketinggian sekitar 15 cm dan dia berharap tidak terjadi turun hujan kembali, sebab jika terjadi hujan dikhawatirkan  ketinggian air semakin naik dan warga semakin sulit melakukan aktivitas.

Menurutnya pelayanan di halaman Masjid Al Muhajirin hingga waktu yang tidak ditentukan atau paling tidak setelah air surut atau kembali normal. Itupun harus dilakukan pembersihan, baru bisa melayani masyarakat seperti biasa.

Unai menjelaskan selama banjir yang menggenangi wilayah Kecamatan Samarinda Utara, khususnya di wilayah Kelurahan Sempaja Timur, banyak masyarakat yang berobat, rata-rata mereka mengeluhkan penyakit kulit berupa gatal-gatal.

Salah satu kawasan yang tergenang banjir di Samarinda (Dok Antaranews Kaltim)

Dia pun dan warga terdampak banjir berharap instansi terkait bisa segera turun tangan membantu masyarakat yang tertimpa musibah banjir, memberikan bantuan perahu ataupun bahan kebutuhan pokok, sebab masyarakat belum bisa melakukan aktivitas karena terhambat tingginya genangan air.

Pewarta: Arif Maulana

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020