Penanganan kawasan yang tidak memiliki jaringan telekomunikasi (blank spot) di Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), Kalimantan Timur, hingga Desember 2019 sudah mencapai 92 persen, tinggal dua menara telekomunikasi yang menunggu diaktifkan.

"Bahkan untuk penggunaan jaringan telekomunikasi saat ini, sebagian sudah memanfaatkan fiber optik dari project palapa ring," kata Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfostandi) Kabupaten Mahulu Nasution Hibau Djaang di Ujoh Bilang, Kamis.

Untuk penanganan kawasan blank spot yang mencapai 92 persen tersebut rinciannya adalah, pada kawasan pemukiman penduduk di Kecamatan Long Hubung sudah mencapai 100 persen, sehingga tidak ada kawasan pemukiman di kecamatan itu yang tidak memiliki jaringan telekomunikasi.

Kemudian untuk kawasan permukiman di Kecamatan-kecamatan Laham juga sudah. 100 persen bebas blankspot, Kecamatan Long Bagun 100 persen bebas blank spot, dan untuk pemukiman di Kecamatan Long Apari 100 persen bebas blank spot.

Sedangkan untuk kawasan pemukiman di Kecamatan Long Pahangai, katanya, masih 92 persen yang bebas blankspot karena masih ada 2 menara telekomunikasi yang belum aktif, yakni satu menara telekomunikasi di Kampung Long Pakaq dan satu lagi di Muara Nyaan. 
 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019