Pelaksanaan tiga event atau kegiatan tingkat Provinsi Kalimantan Timur yang dilaksanakan di Sangatta, Kabupaten Kutai Timur sebagai tuan rumah dirangkai dengan pentas seni yang menampilkan sejumlah tarian berasal dari 10 daerah kabupaten/kota se Kalimantan Timur.
 

"Pentas seni yang digelar di halaman Gedung Graha Expo Sangatta adalah merupakan rangkaian kegiatan tiga event besar yakni peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG-PKK) ke 47,Bulan Bhakti Gotong Royong (BBRGM) dan gelar Teknoogi Tepat Guna (TTG)," kata Sekretaris Umum TP PKK Kutim, dr Yuwana,di Sangatta Rabu.

Ia mengatakan masing-masing daerah atau kabupaten/kota menampilkan tarian daerahnya masing-masing. Kabupaten Kutai Timur sebagai tuan rumah penyelenggara kegiatan tampil perdana pada pentas seni tersebut.

"Tarian yang dipersembahkan Kabupaten Kutai Timur adalah “Tari Letu Burai Enggang dan Tari Bercerita," katanya.

Lanjut Yuwana disusul tarian dari Kota Samarinda menampilkan Tari Tajong Samarinda, disusul penampilan dari  Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) berupa drama prodi berjudul "Ibu sehat, anak sehat bebas stunting".

Kemudian Kabupaten Berau menampilkan yel yel bergembira bersama  TP-PKK Berau. Kutai Barat  menampilkan pembacaan puisi dan Kabupaten Mahakam Ulu menampilkan tarian pesona Mahulu.

Selai itu tidak ketinggalan juga dari Kabupaten Paser menampilkan paduan suara lagu daerah Paser  berjudul "Daya Taka" dan "Pengkeo Taka" yang artinya kepunyaan kami.

Sementara Kota Balikpapan menampilkan tari cuci tangan gerak dan lagu. Terakhir sebagai penutup penampilan dari daerah Kabupaten Kutai Kertanegara dan Kota Bontang. Acara pentas seni tersebut diselingi dengan hiburan band lokal dan artis ibukota, sehingga menambah kemeriahan.

"Setiap penampilan tiga tarian diselengi dengan penampilan band lokal dan artis ibukota, sehingga suasana panggung hiburan pentas seni semakin meriah dan semarak," kata Yuwana.

Pewarta: Wardi Kutim

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019