Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, berencana segera membentuk Perusahaan Daerah atau Perusda Aneka Usaha sebagai upaya meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).


Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Kabupaten Penajam Paser Utara Ahmad Usman saat ditemui, Senin, menegaskan, pemerintah kabupaten akan melakukan evaluasi terhadap kinerja perusda.

"Evaluasi kinerja Perusda Benuo Taka itu untuk meningkat pendapatan asli daerah Kabupaten Penajam Paser Utara," jelasnya.

Bahkan saat ini lanjut Ahmad Usman, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara sedang menyusun regulasi menyangkut pembentukan perusda baru.

"Perusda baru itu khusus menangani aneka usaha yang bertujuan untuk meningkatkan PAD Kabupaten Penajam Paser Utara," ungkapnya.

Pemisahan perusahaan daerah yang bergerak di sektor mineral dan batu bara (Minerba) dengan perusahaan daerah aneka usaha tersebut bertujuan agar kegiatan usaha yang dilakukan lebih fokus.

"Pemisahan bidang Minerba dan aneka usaha dalam perusahaan daerah itu agar lebih fokus dalam melakukan pekerjaan," kata Ahmad Usman.

Perusda Aneka Usaha menurut dia, akan mengelola bidang pertanian dan peternakan, termasuk bidang properti yang sejauh ini belum dikelola dengan maksimal.

Penyegaran Perusda Benuo Taka yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara tersebut tegas Ahmad Usman, sudah melalui pembahasan cukup panjang.

Bahkan Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Ma'sud juga menyampaikan keinginan membentuk Perusda Pertanian dan menjual hasil pertanian, terutama beras.

Perusda Pertanian tersebut juga sebagai upaya mengendalikan harga gabah petani di Kabupaten Penajam Paser Utara agar tidak dipermainkan tengkulak, dan menyediakan bibit unggul dan pupuk bagi petani.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019