Samarinda (ANTARA News Kaltim) - Pelabuhan Terminal Peti Kemas (TPK) Kariangau di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) yang saat ini masih dalam tahap pembangunan, diperkirakan segera tuntas sehingga pada Juni 2012 dapat diresmikan pengoperasiannya.

"Total dana yang dibutuhkan untuk pembangunan TPK Kariangau mulai 2008 hingga 2012 diperkirakan menghabiskan dana Rp650 miliar," tutur Kepala Bidang Perhubungan Laut Dinas Perhubungan Kalimantan Timur, Muhammad Rizali di Samarinda, Selasa.

Saat ini, lanjut dia, pekerjaan keseluruhan terminal sudah mendekati rampung. Sedangkan khusus pekerjaan yang dananya dari APBD Kaltim 2011 dengan nilai Rp61,483 miliar, dapat tuntas akhir Desember 2011.

Untuk pekerjaan selanjutnya, dari APBN 2012 yang dianggarkan Rp50 miliar, akan digunakan untuk reklamasi.

PT Pelindo pada 2012 juga akan menggelontorkan dana untuk pekerjaan akhir yang diperkirakan April-Mei selesai, sehingga pada Juni sudah dapat dioperasikan.

Menurut Rizali, pembangunan terminal tersebut pada 2008 mendapat kesepakatan pendanaan dari tiga pihak, yakni Pemerintah Pusat melalui APBN, Pemprov Kaltim melalui APBD, dan dari PT Pelindo IV yang merupakan pendanaan dari pihak swasta.

Total rincian dana dari masing-masing pihak mulai 2008 hingga 2012 adalah, dari APBN memberikan alokasi dana sebesar Rp140 miliar. Fasilitas yang dibangun meliputi reklamasi lapangan penumpukan, pengerasan area causeway, jalan lingkar, drainase, dan pelat injak.

Kemudian dari Pemprov Kaltim melalui APBD senilai Rp146 miliar, sedangkan kewajiban dan fasilitas yang dibangun meliputi, penyediaan lahan seluas 57,5 hektare dan pembangunan fasilitas sisi darat.

Fasilitas sisi darat ini meliputi jalan akses areal pelabuhan empat jalur, area parkir dan antrian trailer, gedung perkantoran, drainase, mekanikal dan elektrikal.

Sementara untuk PT Pelindo IV mendapat beban dan tanggungjawab anggaran senilai Rp427,755 miliar yang digelontorkan dalam tiga tahun. Rinciannya adalah, untuk infrastruktur sebesar Rp252,755 miliar, dan untuk pengadaan peralatan senilai Rp179 miliar.

Menurutnya, kerjasama pembangunan dan pengoperasian TPK Kariangau antara PT Pelindo dengan Pemprov Kaltim, telah sesuai dengan kesepakatan bersama (MoU) nomor: 119/3065/Pem.D/IV/2008 dan nomor: 17/KB.305/1/DT-2008 tanggal 4 April 2008.

Sedangkan latar belakang pembangunan TPK Kariangau antara lain, lahan yang tersedia untuk penumpukan peti kemas di Pelabuhan Umum Semayang, Balikpapan tidak dapat menampung arus peti kemas yang tiap tahun mengalami peningkatan signifikan.(*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2011