Sangata (ANTARA News Kaltim) - Pengurus Cabang Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kutai Timur akan membangun sekretariat bersama untuk cabang olahraga air dan rekreasi di Kawasan Pantai Teluk Lombok, Desa Sangkima, Kecamatan Sangata Selatan.

"Keinginan Pengcab KONI untuk pembangunan sekretariat bersama untuk cabang olahraga air dan rekreasi, akan diperuntukkan bagi  berbagai cabang olahraga seperti layar, selam, ski air, paraseling," kata Ketua Umum Pengcab KONI Kutai Timur, H Abdal Nanang, Senin (14/11).

Rencana itu, katanya, sudah dibahas beberapa waktu lalu, dengan para pengurus cabang olahraga air dan rekreasi dan mereka menyambut positif dan mendukung. Rencananya tahun 2012 sudah direalisasikan pembangunannya.

Menurut Abdal Nanang, mantan Ketua DPRD Kutai Timur periode 2000-2004, KONI sengaja membangun sekretariat bersama di Teluk Lombok, untuk konsentrasi dan bisa lebih mendekati pembinaan.

"Kita berharap semakin dekat akan semakin bagus pembinannya," kata Abdal Nanang didampingi Sekretaris KONI H Rudi Hartono dan bendahara Opnil Paembonan.

Perlunya dibangun sekretariat bersama untuk cabang olahraga dan rekreasi, karena cabang olahraga air selama ini merupakan cabang olahraga yang memberi sumbangsih bagi Kutai Timur.

Kenapa dibangun di Teluk Lombok, karena pantai teluk lombok merupakan kawasan wisata tervaforit dan terindah di Kutai Timur

"Kita ingin padukan olahraga dan rekreasi, dalam rangka meningkatkan  dan memajukan olahraga air dan rekreasi untuk menarik minta masyarakat berkunjung ke teluk lombok," kata Abdal yang juga menjabat Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (NU) Kutai Timur ini.

Lokasinya berada tepat dikawasan pantai Teluk lombok, sedangkan anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan sarana dan prasarananya tidak terlalu besar, yakni sekitar Rp1 miliar lebih.

"Anggarannya hanya sekitar Rp1-2 miliar yang bersumber dari APBD Kabupaten Kutai Timur," katanya. (*)

Pewarta: Adi Sagaria

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2011