Tana Paser (Antaranews) - Sebanyak 30 petani rumput laut sekaligus pelaku usaha Industri Kecil Menengah (IKM)  di Kabupaten Paser  mengikuti pelatihan wirausaha yang digelar Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Provinsi Kaltim,

"Kegiatan pelatihan keterampilan ini sangat penting bagi petani  rumput laut, agar  usaha mereka bisa meningkat,” kata oleh  Asisten Ekonomi Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Paser Ina Rosanadi Tanah Grogot,Rabu.

Ia mengatakan Kabupaten paser memiliki garis pantai sepanjang 202 kilometer  berarti  memiliki potensi besar untuk pengembangan budidaya rumput laut.

"Misalnya budidaya rumput laut di Desa Meruat sekali panen bisa  mencapai 200.000 Ton, dan petani di Desa Pondong sekali panen bisa 30.000 ton, potensi tersebut bisa berkembang,” kata Ina.

Oleh karena itu katanya petani  perlu diberikan pengetahuan,keterampilan dan pembinaan tentang pembudidayaan  rumput laut secara profesional.

Ina menjelaskan jika para petani rumput laut telah telah mendapatkan pengetahuan , pelatihan dan keterampilan sehingga mampu mengelola usahanya dengan baik. termasuk manajemennya.

Ia juga berharap kepada para petani rumput laut  dapat memperkenalkan serta mempromosikan hasil budidaya mereka ke daerah lain.

"Para petani rumput laut di Kabupaten Paser nantinya bisa berkembang dan juga memperkenalkan hasil budidaya mereka ke daerah lain,” ujar Ina. (*/Kominfo Paser)

 

Pewarta: R.Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018