Tana Paser (Antaranews Kaltim) - Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi membuka kegiatan sosialisasi wawasan kebangsaan yang dilaksanakan Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) setempat di Kecamatan Batu Sopang, Rabu (18/7).

Kegiatan itu diikuti ratusan pelajar tingkat menengah atas dan sejumlah organisasi kepemudaan di kecamatan itu.

"Wawasan kebangsaan penting dimiliki untuk menguatkan rasa nasionalisme atau rasa kebangsaan dan cinta Tanah Air kita," kata Yusriansyah.

Konsep kebangsaan yang perlu ditanam yakni keberagaman dan perbedaan dalam satu kesatuan atau Bhinneka Tunggal Ika.

Hal itu, kata Yusriansyah, mencerminkan karakter bangsa yang diwujudkan dengan tujuan mempersatukan seluruh kemajemukan yang ada dalam wilayah negara kepulauan ini.

Yusriansyah berharap dengan sosialisasi itu akan menumbuhsuburkan nilai-nilai kebersamaan dan saling menghormati satu sama lain.

"Dengan wawasan kebangsaan kita dapat mengembangkan sikap toleransi dan menyuburkan proses pembauran antarseluruh elemen masyarakat," ujar bupati.

Kepala Pelaksana Kantor Kesbanpol Paser Arifin mengatakan, dalam sosialisasi ini pihaknya mendatangkan narasumber dari Polres Paser, Kodim 0904 Tanah Grogot dan tokoh agama setempat.

Para 2018, kegiatan sosialisasi ini akan dilakukan di 10 kecamatan dengan melibatkan pelajar tingkat menengah atas dan organisasi kepemudaan. 

"Kegiatan ini pertama kali dilakukan tahun ini. Rencananya akan dilakukan di 10 kecamatan," kata Arifin. (*/Kominfo Paser).

Pewarta: R Wartono

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018