Samarinda (Antaranews Kaltim) - Pasangan Calon Gubernur- Calon Wakil Gubernur Kalimantan Timur Rusmadi- Safaruddin akhirnya legowo dengan kekalahannya pada Pemilu Kepala Daerah ( Pilkada) Kaltim 2018, setelah Komisi Pemilihan Umum setempat menetapkan secara resmi Isran Noor- Hadi Mulyadi sebagai pemenang.

Rusmadi kepada awak media di Samarinda, Selasa, mengatakan bahwa pihaknya memberikan ucapan selamat kepada Isran- Hadi sebagai pemenang Pilkada Kaltim 2018 dan tetap akan memberikan masukan program kerja dalam era pemerintahan Isran- Hadi lima tahun kedepan, sebagai harapan untuk mewujudkan masyarakat Kaltim yang lebih sejahtera.

"Kami telah menerima laporan resmi dari Bawaslu Kaltim bahwa laporan pengaduan kami terkait dugaan pelanggaran Pilkada Kaltim telah dihentikan, karena tahapan Pilkada ini telah habis, maka kamipun mengakui hasil Pilkada ini secara iklas," kata Rusmadi, usai melakukan kunjungan di kediaman Isran Noor di Jalan Sawi, Sungai Kunjang, Samarinda.

Kedatangan Rusmadi yang didampingi sejumlah koleganya mendapatkan sambutan hangat dari Isran Noor.
   
Pada kesempatan itu, Rusmadi memberikan dua buku kepada Isran yang telah ia rancang semasa menjadi Sekretaris Daerah.“Semoga ini bisa menjadi acuan untuj Pak Isran dalam melanjutkan pembangunan Kaltim lima tahun ke depannya,” kata Rusmadi.

Sementara itu Isran Noor mengucapkan terimkasih dengan masukan Rusmadi dan akan menjadikan modul pertimbangan dalam melaksanakan program pemerintahannya.
 
“Saya berterima kasih kepada Pak Rusmadi dan seluruh tim. Ini akan saya jadikan bahan untuk mengambil keputusan dalam menjalankan pemerintahan. Kalah menang itu biasa, ini hanya seni dalam berpolitik,” terang Isran. 

Diketahui pada Rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara Pilgub Kaltim 2018 dilaksanakan KPU Kaltim di Hotel Bumi Senyiur, Samarinda, Minggu.
Baca juga: Isran-Hadi resmi menang di Pilgub Kaltim
Baca juga: Isran-Hadi sambangi Gubernur Kaltim

Pada penghitungan resmi tersebut Isran- Hadi menempati peringkat pertama dengan perolehan 417.711 suara.

Disusul pasangan cagub- cawagub Rusmadi- Safaruddin dengan 324.224 suara, berikutnya pasangan cagub- cawagub Syaharie Jaang- Awang Ferdian Hidayat dengan 302.987 suara, dan terakhir pasangan cagub- cawagub Andi Sofyan Hasdam- Rizal Effendi dengan 228.166 suara.

Pada pleno tersebut diketahui jumlah pemilih yang tidak menggunakan hak pilihnya (golput) sebanyak 995.211 pemilih, atau 41,8 persen dari total keseluruhan pemilih 2.378.411.

Sedangkan jumlah pemilih yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 1.333.090 pemilih, atau 58,2 persen.

Sementara surat suara yang tidak sah sebanyak 50.110, atau 3,8 persen. (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018