Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Program inseminasi buatan atau kawin suntik pada sapi betina indukan di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, hingga akhir 2017 ditargetkan sebanyak 2.419 ekor guna mempercepat kelahiran dan meningkatkan populasi sapi.

"Total jumlah sapi betina dewasa di Penajam Paser Utara mencapai 4.305 ekor. Dari jumlah itu, ditargetkan sapi yang menjadi akseptor IB (inseminasi buatan) sebanyak 2.419 ekor," ujar Kabid Perbibitan dan Budidaya Dinas Peternakan Provinsi Kaltim I Gusti Made Jaya Adhi di Samarinda, Rabu.

Sedangkan sisanya sebanyak 1.886 sapi betina akan terus dilakukan percepatan kebuntingan melalui kawin secara alami, karena antara kawin suntik dan kawin alami masing-masing memiliki kelebihan.

Dari target 2.419 sapi betina dewasa yang menjadi akseptor IB, lanjut Jaya Adhi, target kebuntingan yang ingin dicapai sebanyak 1.572 ekor, sementara target kelahiran yang ingin direalisasikan sebanyak 1.494 ekor.

Sedangkan kinerja IB, pemeriksaan kebuntingan, dan kelahiran sampai dengan tanggal 25 Agustus 2017 berdasarkan hasil pendataan, capaiannya adalah untuk akseptor IB sebanyak 1.353 ekor atau telah dicapai sebanyak 55,93 persen dari total akseptor yang diinginkan.

Kemudian capaian dari pemeriksaan kebuntingan sudah terealisasi 574 ekor atau 46,51 persen dari target, dan realisasi lahir masih minim yang hanya tercapai 257 ekor atau 17,20 persen dari targetnya.

Ia menjelaskan, untuk kinerja IB dan pemeriksaan kebuntingan sudah lumayan bagus, namun untuk kelahiran masih jauh dari target yang diinginkan sehingga pihak terkait beserta sejumlah peternak harus terus menggenjot agar dapat mencapai target.

Untuk itu, ia berharap program percepatan kebuntingan yang merupakan bagian dari Program Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab) ini sungguh-sungguh dikerjakan sehingga peningkatan populasi ternak dapat dicapai.

"Lakukan langkah-langkah percepatan, misalnya dengan Gertak Berahi dan menerapkan Strategi 111, yaitu dalam satu hari terdapat satu inseminator melakukan IB bagi sati ekor sapi, sehingga kalau semua inseminator bekerja, saya yakin target ini bisa tercapai," ujarnya. (*)

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017