Penajam (ANTARA Kaltim) -  Normalisasi sungai di wilayah Kecamatan Waru dan Babulu sangat mendesak dilakukan sebagai salah satu upaya mengatasi banjir yang merendam lahan persawahan di wilayah itu, kata pejabat Dinas Pertanian Kabupaten Penajam Penajam Paser Utara, Kalimantan Timut, Bambang Marjuki.

"Puluhan hektare sawah petani di Kecamatan Waru dan Babulu terendam banjir luapan akibat terjadinya pendangkalan dan penyempitan sungai di lokasi itu," ujar Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura Dipertan Penajam Penajam Paser Utara, Bambang Marjuki  ketika ditemui di Penajam, Jumat.

Menurut ia, untuk menanggulangi terendamnya sawah di wilayah Kecamatan Waru dan Babulu akibat luapan sungai saat musim hujan, perlu dilakukan normalisasi sungai hingga muara.

"Selama 17 tahun sungai di kedua wilayah itu belum pernah dilakukan normalisasi, sehingga air mudah meluap dan merendam sawah para petani," tambahnya.

Aliran sungai di wilayah Kecamatan Waru dan Babulu saat ini mengalami pendangkalan dan penyempitan, sehingga saat curah hujan tinggi, air akan meluap hingga merendam lahan sawah petani, bahkan bisa ke permukiman warga.

Luapan air sungai itu terjadi karena debit air saat hujan melebihi daya tampung sungai yang semakin dangkal dan menyempit.

"Perlu dilakukan normalisasi sungai karena areal persawahan di kedua wilayah itu menjadi langganan banjir jika musim hujan. Dan kami sudah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan normalisasi sungai," katanya.

Bambang Marjuki menambahkan, setiap musim hujan lahan persawahan di wilayah Kecamatan Waru dan Babulu sering terendam dan menyebabkan tanaman padi rusak gagal dipanen.

Hujan yang mengguyur wilayah Penajam Paser Utara sejak beberapa hari terakhir, selain mengakibatkan permukiman penduduk di Kecamatan Waru terendam banjir, juga merendam lahan pertanian di wilayah Kecamatan Waru dan Babulu.

Selain merendam tanaman padi berusia 2,5 bulan di lahan seluas 60 hektare, tanaman hortikultura seperti cabai, tomat, terong, dan kacang panjang pada areal seluas lima hektare juga ikut terdampak banjir.

Lahan pertanian seluas 40 hektare di wilayah Kecamatan Babulu juga terendam banjir akibat beberapa hari terakhir wilayah Penajam Paser Utara diguyur hujan.(*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017