Penajam (ANTARA Kaltim) - Perpustakaan keliling Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, menyambangi warga di empat kecamatan minimal dua kali dalam sepekan, kata Pelaksana tugas Dinas Perpustakaan dan Karsipan setempat, M Ridwan Effendi.

"Program kami, melakukan pendekatan kepada masyarakat agar gemar membaca," jelas Ridwan Effendi ketika ditemui di Penajam, Kamis.

Dinas Perpustakaan dan Karsipan Kabupaten Penajam Paser Utara mengatur jadwal perpustakaan keliling minimal dua kali sepekan mendatangi warga di empat kecamatan.

"Kami keliling dengan mengambil kegiatan di hari-hari pasar atau pelayanan Posyandu di masing-masing kecamatan," kata Ridwan Effendi.

Buku yang disiapkan untuk dipinjamkan kepada masyarakat menurut dia, meterinya disesuaikan aktivitas yang dilakukan masyarakat sehari-hari.

"Kalau yang didatangi mayoritas warganya petani buku-buku yang disiapkan tentang pertanian dan berbagai macam budidaya, kalau warganya mayoritas nelayan bukunya berkaitan dengan budidaya perikanan, pengelolaan rumput laut dan sebagainya," ujar Ridwan Effendi.

Jika yang disambangi lingkungan sekolah lanjut ia, buku yang disiapkan berkaitan dengan pelajaran anak sekolah dan buku-buku cerita, begitu pula di tempat pelayanan Posyandu bacaan yang disiapkan penanganan ibu hamil dan menyusui, perawatan bayi serta buku tentang kesehatan lingkungan keluarga.

Ridwan Effendi menimpali lagi, perpustakaan keliling mengadakan layanan silang, buku-buku yang sudah ada di satu stan akan digeser dan diganti dengan buku-buku lainnya, sehingga buku-buku itu terus berganti.

Namun, ia mengaku instansinya belum mempunyai mobil khusus untuk perpustakaan keliling, kendati sudah mengajukan ke pemerintah pusat belum disetujui karena keterbatasan anggaran.

"Sementara ini kami meminjam kendaraan dinas roda empat pemerintah kabupaten, kemudian dimodifikasi dilengkapi rak untuk menggelar buku," ungkap Ridwan Effendi.

"Kami sangat menganjurkan warga agar menggiatkan gemar membaca, jadi buku yang dibawa mobil perpustakaan keliling silakan dipinjam untuk dibaca ditempat maupun dibawa ke rumah dan setelah dibaca mohon dikembalikan lagi," tambahnya. (Kominfo PPU)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017