Penajam (ANTARA Kaltim) - Bupati Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Yusran Aspar beserta istri memberikan santunan kepada 101 anak yatim piatu pada acara buka puasa bersama di kediaman bupati di Jalan Haji Habbe RT 06 Kelurahan Nipah-Nipah, Kecamatan Penajam.

Buka bersama di kediaman Bupati Yusran Aspar yang digelar Senin (29/5) tersebut sebagai pertanda dimulainya kegiatan Safari Ramadhan 2017 Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara di 12 titik lokasi yang tersebar di empat kecamatan.

"Manfaatkan momentum bulan puasa untuk saling berbagi dengan orang lain yang membutuhkan bantuan," kata Yusran Aspar.

Menurut bupati, betapa pentingnya puasa Ramadhan di mata Allah, karena Allah akan memberikan pahala langsung kepada hambanya yang berpuasa pada Ramadhan.

"Puasa juga sangat penting untuk melatih kedisiplinan dan melatih kasabaran, jadi puasa sangat penting kedudukannya di mata Allah," jelas Yusran Aspar.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Penajam Paser Utara Maslekhan, dalam tausiyahnya menjelaskan ibadah puasa merupakan ibadah "sirriyah" atau ibadah yang sangat rahasia yang mengetahuinya hanya hamba yang menjalankan puasa dan Allah.

"Sebagai umat muslim dituntut untuk membersihkan hati supaya niat ikhlas agar di akherat termasuk kelompok umat yang masuk surga tanpa dihisab," ujarnya.

Hadis Nabi, lanjut Maslekhan, menyebutkan bahwa surga itu diciptakan untuk empat golongan, yang pertama bagi hamba yang suka membaca Al Quran, kemudian orang yang mendirikan shalat dan menjaga lisannya.

"Selanjutnya orang yang gembira dengan datangnya bulan suci Ramadhan serta berpuasa pada Ramadhan," tambahnya.

Pada buka puasa dikediaman Bupati Yusran Aspar itu dihadiri Wakil Bupati Mustaqim MZ, Ketua DPRD Nanang Ali, Dandim 0913 Letkol Czi Imam Dwi Subagiyo, Kapolres Teddy Rystiawan dan Wakapolres Kompol Nina Ike Herawati.

Selain itu juga terlihat hadir Kepala Kejaksaan Zullikar Tanjung, Sekretaris Kabupaten Tohar, serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara. (Kominfo PPU)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017