Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak, Selasa, mendapat penghormatan dan apresiasi negara, atas keberhasilan pemerintah daerah dalam bekerja sama mewujudkan tujuan desentralisasi dan otonomi daerah, sehingga daerah bisa lebih maju.

"Dalam peringatan Hari Otonomi Daerah, Kementerian Dalam Negeri memberikan penghargaan kepada sejumlah daerah yang berkinerja baik dalam penyelenggaraan pemerintahan, diantaranya untuk Pemprov Kaltim," ujar Hendro Prasatyio, juru bicara Gubernur Kaltim di Samarinda, Selasa.

Pemberian penghargaan dipusatkan di alun-alun Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa. Peringatan Hari Otda XXI 2017 bertemakan "Dengan Semangat Otonomi Daerah Kita Tingkatkan Kinerja Pelayanan Publik Melalui E-Government".

Menurutnya, keberhasilan Kaltim mewujudkan tujuan Otonomi Daerah (Otda) itu dapat dilihat dari keberhasilannya dalam menyejahterakan masyarakat, menciptakan ketertiban umum, dan mampu meningkatkan pelayanan kualitas publik.

Atas keberhasilan ini sehingga Kaltim mendapat anugerah dan tanda kehormatan Satyalencana Karya Bhakti Praja Nugraha dari negara.

Penghargaan diberikan atas hasil evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah tahun 2015, yakni Pemprov Kaltim memperoleh penghargaan kinerja prestasi dengan kategori sangat tinggi secara nasional, atau berada di peringkat ketiga.

Masih dalam rangkaian peringatan XXI, lanjut Hendro, selain penganugerahan tanda kehormatan berupa piagam yang diserahkan oleh Menko Polhukham di Sidoarjo, juga dilanjutkan dengan malam apresiasi kinerja pemerintah daerah.

Malam apresiasi kinerja pemerintah daerah tersebut juga digelar di alun-alun Kabupaten Sidoarjo. Di lokasi itu digelar pula pameran produk karya dari pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UKM), dipamerkan pula "best practice" atau praktik terbaik dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

"Penghargaan selain diberikan kepada Pemprov Kaltim, ada pula dua kota lain di Kaltim yang menerima penghargaan, yakni Pemkot Samarinda dan Pemkot Bontang. Samarinda menerima penghargaan Prasamya Purna Karya Nugraha, kemudian Pemkot Bontang menerima penghargaan Satyalencana Karya Bhakti Praja Nugraha," ujar Hendro. (*)

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017