Balikpapan (ANTARA Kaltim) -  PLN Wilayah Kalimantan Timur dan Utara (Kaltimra) menghimpun buku-buku bacaan untuk disumbangkan ke taman-taman bacaan masyarakat di Balikpapan, Sabtu.

Buku-buku itu merupakan sumbangan dari pegawai PLN serta bantuan Program PLN Peduli.

"Kami berhasil kumpulkan 1.291 buku bacaan di Kaltimra. Sebagian besar dari Balikpapan 914 buku," kata Manajer Bidang SDM dan Umum Eny Mar`atus Solikah mewakili General Manager PLN Kaltimra.

Mar`atus Solikah di antaranya menyerahkan 689 buku kepada Taman Bacaan Masyarakat (TBM) An-Nisa di Kelurahan Klandasan Ilir, Balikpapan. Buku-buku itu diterima Roelyta Aminuddin selaku administrator TBM An-Nisa.

Turut mendapat hibah buku-buku tersebut adalah TBM Gunung Bahagia, TBM Balikpapan Menyala, TBM Bukit Damai Sentosa, serta TBM Pena dan Buku. Seluruh TBM itu berada di Balikpapan.

"Semoga buku-buku ini membuat semangat baca anak-anak dan warga semakin meningkat," kata Roelyta Aminuddin.

Kegiatan mengumpulkan buku bekas dan kemudian menyerahkannya kepada taman-taman bacaan adalah bagian dari peringatan Hari Kartini oleh PLN. Semangat Raden Adjeng Kartini, pahlawan pergerakan nasional, yang memperjuangkan kesempatan belajar bagi kaum perempuan diharapkan bisa diteladani dengan rajin dan banyak membaca.

"Artinya, meningkatkan pengetahuan diri, terus memperkaya diri dan menjadi manusia yang lebih baik," ujar Mar`atus Solikah.

Kegiatan itu juga diselenggarakan secara nasional di seluruh Indonesia, total PLN berhasil mengumpulkan lebih dari 20.000 buku dan disumbangkan ke 150 taman bacaan, perpustakaan umum, dan perpustakaan sekolah di seluruh Indonesia.

Dalam kesempatan terpisah GM PLN Kaltimra Tohari Hadiat mengatakan bahwa PLN sedang bekerja cepat menyelesaikan pembangunan infrastuktur ketenagalistrikan melalui program 35.000 MW untuk memenuhi target pencapaian rasio elektrifikasi 97,2 persen tercapai pada 2019.

"Walau begitu, karyawan tidak melulu bekerja. Kami juga selalu aktif berperan dalam banyak kegiatan sosial," kata Tohari.(*)

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017