Samarinda (ANTARA Kaltim) - Selain gencar melakukan upaya pemberantasan narkoba dengan menangkap para bandar dan pengedar, Badan Narkotika Nasional Kota Samarinda juga giat melakukan pencegahan ke seluruh lapisan masyarakat.

Pada kegiatan yang berlangsung, Minggu (5/1), sejumlah personel BNNK Samarinda yang tergabung dalam Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat mendatangi arena Car Free Day (CFD) di Jalan Kesuma Bangsa Samarinda. Dalam kegiatan tersebut turut serta mobil operasional penyuluhan keliling yang berjuluk "Si Biru Penyelamat".

Dipilihnya arena CFD sebagai kegiatan sosialisasi dampak bahaya narkoba, karena pada Minggu pagi banyak anggota keluarga dan remaja yang berkumpul, sehinggs kegiatan sosialisasi dapat efektifk dan mampu menyasar semua lapisan masyarakat.

"Untuk kegiatan sosialisasi sangat efektif, kita manfaatkan momen kebersamaan keluarga, sehingga seluruh lapisan masyarakat dari berbagai kalangan profesi dapat menerima materi tentang bahaya narkoba," kata Kepala BNNK Samarinda Hj Siti Zaekhomsyah, di damping Humas Ahmad Fadholi.

Untuk menarik para pengunjung CFD, sosialisasi bahaya narkoba dilakukan dengan cara memutar video-video edukasi dan membagikan brosur tentang kandungan zat-zat berbahaya dan efek penyalahgunaannya.

"Masyarakat antusias, banyak yang datang sekadar berkonsultasi maupun berfoto dengan mobil si Biru Penyelamat," tambah Fadholi.

Suriansyah, Warga Lambung Mangkurat yang ikut bergabung, mengapresiasi kegiatan positif yang digagas BNNK Samarinda, karena dengan melakukan aksi jemput bola mendatangi pusat-pusat keramaian, masyarakat menjadi sadar dan waspada akan bahaya penyalahgunaan narkoba.

"Saya kira cukup bagus ya, karena kita sambil olahraga bisa mendapat wawasan baru mengenai bahaya narkoba," ujarnya.

Pantauan di lapangan, kendati hujan gerimis, tidak menyurutkan warga samarinda untuk berolahraga di Minggu pagi ini. Keberadaan si Biru Penyelamat juga dimanfaatkan masyarakat untuk mencari informasi sekaligus untuk berlindung dari gerimis selepas mereka berolahraga. (*)

Pewarta: DK

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017