Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Ajang tahunan Festival Mahakam yang digelar Pemerintah Kota Samarinda, Kalimantan Timur, pada 11-13 November 2016 akan dimeriahkan sekitar 40 grup band lokal yang tampil di tiga panggung berbeda pada sore dan malam hari.

"Festival Mahakam tahun ini kami harapkan lebih meriah ketimbang tahun sebelumnya, karena selain ada lomba renang menyeberangi Sungai Mahakam berhadiah Rp50 juta dan aneka lomba lain, ada pula penampilan 40 grup band," ujar Kepala Dinas Pariwisata, Komunikasi, dan Informatika Kota Samarinda Muhammad Faisal di Samarinda, Rabu.

Ia menjelaskan ke-40 grup band tersebut akan tampil di tiga panggung yang berbeda dan beragam aliran musik, sehingga kawula muda dan masyarakat bisa menikmati aneka jenis musik sesuai dengan kegemaran masing-masing.

Adapun tiga panggung musik yang berbeda tersebut masing-masing adalah mini stage akustik di Tepian Mahakam depan Kantor PLN di Jalan Gajah Mada yang akan menampilkan 12 band.

Kemudian panggung musik di Lapangan Karang Asam di Jalan Slamet Riadi dengan menyajikan 18 grup dan mini stage Makan Bahimat 2nd akan ada penampilan 10 grup.

Menurut Faisal, penampilan 40 grup band tersebut menjadi ajang kreativitas para pemusik lokal, sehingga hal ini juga bisa menjadi barometer bagi perkembangan musik di Kota Samarinda maupun bagi Provinsi Kaltim.

Ia juga berharap kegiatan tersebut bisa menjadi sarana silaturahmi bagi pemusik dan wadah ekspresi menampilkan jati diri grup masing-masing, sehingga penampilan ini bisa menjadi panggung loncatan menuju blantika musik nasional.

Secara terpisah, Koordinator Parade Band Festival Mahakam Dede Kresna menambahkan grup band umum dan seluruh grup band yang biasa tampil di tempat hiburan di Samarinda telah menyatakan siap berpartisipasi dalam Festival Mahakam.

"Penampilan musik dari 40 grup band ini tentu sangat unik dan jarang ada di kota lain, sehingga kami juga menyebutnya sebagai Parade Band Pub, karena ada enam pub di Samarinda yang menyatakan siap tampil menghibur warga," ujarnya.(*)

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016