Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari Kesehatan Kodam VI Mulawarman dan Kodim 0906 Tenggarong, Kutai Kartanegara, menggelar operasi katarak bagi warga pedalaman.

Komandan Kodim 0906 Tenggarong, Kutai Kartanegara, Letkol Kav Ari Pramana Sakti di Samarinda, Rabu, menyatakan operasi katarak tersebut dilaksanakan di Puskesmas Rimba Ayu Kecamatan Kota Bangun.

"Dari target 100 warga, hari ini ada sekitar 85 warga dari kalangan tidak mampu di wilayah Kecamatan Kota Bangun yang dioperasi untuk menyembuhkan penyakit katarak mereka," ujar Ari.

Operasi katarak bagi warga Kecamatan Kota Bangun tersebut dilaksanakan atas dukungan dan kerja sama PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul bersama Kesdam VI Mulawarman dan Kodim 0906 Tenggarong.

Bakti sosial operasi katarak tersebut berlangsung mulai 13 hingga 15 September 2016.

"Bakti sosial operasi katarak ini merupakan kerja sama Kesdam VI Mulawarman dengan PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul. Kegiatan ini untuk membantu masyarakat khususnya yang tinggal jauh dari pusat kota sehinga kami menilai dengan operasi katarak ini, sangat terbantu masyarakat mengatasi masalah kesehatan mereka," kata Ari.

Bakti sosial operasi katarak tersebut menghadirkan tim medis dari Kesdam VI Mulawarman, rumah sakit Balikpapan, Puskesmas Rimba Ayu serta Dinas Kesehatan Kutai Kartanegara.

"Kami berharap, kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan di pelosok Kutai Kartanegara lainnya agar dapat membantu masyarakat untuk memberikan solusi terkait masalah kesehatan, khususnya penyakit katarak," jelas Ari.

Sementara Direktur PT Sido Muncul Irwan Hidayat menyatakan Bakti Sosial Operasi Katarak Sido Muncul dicanangkan sejak 15 Januari 2011.

Bakti Sosial Operasi Katarak tersebut sudah dilaksanakan di 27 provinsi, 209 kota/kabupaten dan pada 234 rumah sakit/klinik mata dan puskesmas di seluruh Indonesia.

"Bakti sosial operasi katarak ini sebagai bentuk kepedulian kami kepada masyarakat, khususnya masyarakat tidak mampu. Kegiatan ini, kali ini kembali kami laksanakan di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara untuk membantu masyarakat mengobati penyakit katarak mereka," kata Irwan Hidayat.

Salah seorang warga Kecamatan Kota Bangun, Rohana, mengaku sangat terbantu dengan adanya kegiatan bakti sosial operasi katarak tersebut.

"Kami merasa sangat senang sehingga walaupun rumah saya cukup jauh yakni sekitar dua kilometer dari Puskesmas Rimba Ayu tetapi saya tetap datang ke sini untuk mengoperasi mata saya. Saya datang kesini atas undangan dari Babinsa di desa saya," ujar Rohana.

Ia dan warga lainnya berharap kegiatan serupa dapat digelar rutin di wilayah kecamatan Kota Bangun.

"Kami berharap, bukan hanya operasi katarak tetapi kegiatan terkait kesehatan lainnya rutin digelar di Kecamatan Kota Bangun," harap Rohana. (*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016