Balikpapan (ANTARA Kaltim) -  Pemerintah Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, mensyukuri perolehan Piala Adipura 2016 dengan menyiapkan bonus untuk anggota pasukan kuning atau pekerja kebersihan yang bukan berstatus pegawai negeri sipil.

"Besarannya masih kami usulkan kepada wali kota. Kalau tahun lalu, juga saat dapat Adipura, petugas kebersihan mendapatkan Rp1 juta. orang," kata Kepala Dinas Kebersihan, Permakaman, dan Pertamanan Balikpapan Abdul Azis, Jumat.

Para petugas kebersihan ini adalah para penyapu jalan, para pengangkut sampah, dan sopir truk-truk sampah. Bonus itu hanya bagi mereka yang tidak berstatus pegawai negeri sipil atau PNS. Jadi bonus untuk mereka yang honorer atau tenaga kontrak.

Kebersihan Balikpapan sangat bergantung pada para penyapu jalan dan pengangkut sampah.

Mulai pukul 4 pagi, para penyapu jalan sudah mulai bekerja membersihkan sampah dari jalan-jalan Kota Minyak. Satu tim terdiri dari sekurangnya dua orang yang bertanggung jawab atas satu ruas jalan sepanjang 200-300 meter.

Kedua orang ini bekerja bergiliran (shift) untuk menjaga ruas yang menjadi tanggung jawabnya tetap bersih.

"Kami bolak-balik di ruas ini saja menyapu jalan. Sampahnya umumnya daun-daun dari pohon penghijauan. Tapi juga sekali-sekali ada warga yang membuang sampah dari mobil dan motor," kata Halimah, penyapu jalan di ruas Jalan MT Harjono di RS Kanujoso Djatiwibowo.

Mungkin orang luar Balikpapan yang numpang lewat, seloroh Halimah.

Para pengangkut sampah mulai bekerja selepas tengah malam. Satu truk sampah membawa kru hingga lima orang. Mereka bekerja sampai tiga rit setiap malam. Sampah dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Manggar.

"Paling menyeedihkan bila hujan, seperti musim hujan sekarang. Kami berharap ada juga pembagian alat keselamatan kerja seperti sepatu boot, masker, jas hujan," kata Yudi, pengangkut sampah yang bertugas di Balikpapan Utara.

Sebanyak 700 ribu warga Balikpapan saat ini menghasilkan 400 ton sampah per hari. Bila hari libur atau hari besar seperti hari raya, volume sampah bisa mencapai 700 ton di hari-hari tersebut.

Piala Adipura Paripurna akan tiba di Balikpapan pada 1 Agustus. Ada penyambutan khusus di halaman Kantor Besar Pertaminan di Jalan Yos Sudarso.(*)

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016