Tenggarong (ANTARA Kaltim) - Bupati Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Rita Widyasari optimistis, Pulau Kumala yang berada persis di tengah Sungai Mahakam, Kota Tenggarong dapat menjadi destinasi wisata di daerah itu.

"Sejak adanya Jembatan Repo-repo menuju Pulau Kumala, warga yang berkunjung ke pulau wisata yang berada di tengah Sungai Mahakam, kawasan Tenggarong tersebut mengalami peningkatan cukup signifikan," kata Rita Widyasari di Tenggarong, Kutai Kartanegara, Sabtu.

"Terlebih saat libur lebaran seperti saat ini, kunjungan warga meningkat sangat tajam sehingga saya optimistis Pulau Kumala dapat menjadi salah satu destinasi wisata di Kutai Kartanegara," katanya.

Pulau Kumala menawarkan berbagai wahana permainan diantaranya, Bumper Car, Go Kart, sepeda motor mini, Marry go Around, arena ketangkasan mengendarai mobil offroad, permainan air di kolam serta terdapat resort dan hotel.

Pengunjung juga dapat berfoto di patung sepasang naga yang menggambarkan munculnya Puteri Karang Melenu yang terdapat di bagian ujung hulu pulau dan terdapat patung Lembusuana di bagian ujung hilir atau dapat melihat dan berfoto di Lamin atau rumah khas etnis Dayak yang terdapat di tengah pulau.

"Geliat wisata Pulau Kumala semenjak adanya jembatan bagi pejalan kaki menuju pulau tersebut sangat menggembirakan sehingga saya berharap dapat dijaga dan dirawat termasuk tempat wisata lainnya agar dikelola dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan PAD," tutur Rita Widyasari.

Ia juga meminta agar pengelola Pulau Kumala menyiapkan pelayanan keadaan darurat.

"Kami juga meminta pengunjung ikut menjaga kebersihan dan ketertiban sehingga keindahan Pulau Kumala tetap terjaga. Kepada pengelola saya berharap menyiapkan petugas kesehatan sehingga jika ada pengunjung yang membutuhkan, bisa segera dilayani," ujar Rita Widyasari.

Ia menginginkan Pulau Kumala menjadi destinasi wisata andalan yang merakyat, terjangkau dan menghibur.

"Kami tengah menyusun konsep agar Pulau Kumala menjadi tempat wisata yang merakyat, terjangkau dan menghibur, agar semua kalangan bisa menikmatinya, terutama wisata keluarga," kata Rita Widyasari.

Ia juga berharap ada penambahan wahana di Pulau Kumala, salah satunya yaikni "Litle Zoo" atau kebun binatang mini maupun wahana lainnya.

"Kami berharap, ada investor yang menanamkan modalnya untuk membangun kebun binatan mini atau wahana lain di Pulau Kumala," tutur Rita Widyasari. (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016