Samarinda (ANTARA Kaltim) - Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, yang memiliki pesona wisata bahari, bertekad menjadi salah satu destinasi wisata dunia.

Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo, dihubungi dari Samarinda, Selasa menyatakan, potensi daerah itu menjadi salah satu destinasi wisata dunia diungkapkan Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Wisata Alam dan Buatan Kementerian Pariwisata, Azwir Malaon, saat berkunjung di daerah itu pada Jumat (29/4).

"Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Wisata Alam dan Buatan Kementerian Pariwisata itu menyatakan keindahan alam khususnya wisata bahari Kabupaten Berau memiliki kekuatan yang sama dengan Wakatobi dan Raja Ampat. Beliau juga menyampaikan bahwa membangun destinasi wisata tersebut akan semakin mudah terlebih berada pada satu kabupaten saja," kata Agus Tantomo.

Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Wisata Alam dan Buatan Kementerian Pariwisata lanjut Agus Tantomo, sempat mengunjungi Pulau Derawan dan Pulau Maratua untuk melihat secara langsung pesona wisata bahari Kabupaten Berau.

Keberadaan infrastruktur pendukung pariwisata yang tersedia, lanjut Agus Tantomo, menjadi penilaian tersendiri yang akan semakin mudah mempromosikan kawasan strategi pariwisata nasional apalagi Pulau Derawan juga telah menjadi 10 destinasi utama diving di Indonesia.

"Pak Azwir Malaon mengapresiasi keseriusan Pemkab Berau menggarap pariwisata yang diyakini akan membangkitkan wisata di daerah ini. Beliau mendorong agar Kabupaten Berau yang selama ini bertumpu pada sektor tambang yang saat ini semakin lesu, dapat mendongkrak sektor pariwisata dalam beberapa tahun ke depan," ujarnya

"Saat ini, jumlah wisatawan mancanegara sekitar 6.000 orang dan kami targetkan dalam tiga tahun ke depan, jumlah wisatawan mancanegara mencapai 30 ribu. Dengan kemudahan akses transportasi seperti adanya bandara, jumlah ini sangat masuk akal untuk bisa tercapai," kata Agus Tantomo.

Ia menyatakan, Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Wisata Alam dan Buatan Kementerian Pariwisata itu menilai, keberadaan bandara pada destinasi wisata seperti di Kabupaten Berau, merupakan lompatan yang sangat luar biasa dalam membangun wisata.

"Beliau juga menyatakan, Kabupaten Berau ini memiliki potensi untuk melakukan lompatan cepat karena wisata bahari dengan pesona keindahan alam yang sangat memukau di Pulau Kalimantan, hanya ada di Berau," tuturnya.

"Sektor pariwisata itu sangat cepat memberikan `multiplayer effect` kepada masyarakat yakni melalui kuliner jalan, atraksi jalan, boot jalan, guide jalan. Saya optimistis, hal tersebut bisa digarap sehingga manfaatnya akan dirasakan masyarakat," kata Agus Tantomo.

Pengembangan wisata di Kabupaten Berau kata agus Tantomo, perlu didukung investasi bersama investor besar yang ada di Kabupaten Berau.

"Pengembangan wisata di Kabupaten Berau harus dilakukan dengan berkolaborasi bersama investor, tidak hanya berkelas nasional, tapi juga berkelas internasional," tuturnya.

Agus Tantomo mengatakan, kehadiran tim Kementerian Pariwisata ke Kabupaten Berau tersebut sebagai tindak lanjuti dari komunikasi yang sudah dilakukan langsung bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya.

"Ini sebagai keseriusan menjadikan 2016 sebagai tahun Gebrakan Pariwisata Berau. Kami menargetkan Kabupaten Berau menjadi daerah otoritas pariwisata nasional yang langsung dari Kementerian Pariwisata," kata Agus Tantomo. (*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016