Balikpapan (ANTARA Kaltim) -  Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan melalui Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) telah mengalokasikan anggaran untuk pemberian bonus kepada para petugas kebersihan.

"Dana dari anggaran DKPP sebesar Rp1,5 juta untuk seribu lebih petugas kebersihan dan pertamanan," kata Kepala DKPP, Abdul Azis di Balikpapan, Rabu.

Adapun pemberian bonus ini sebagai bentuk penghargaan pemerintah kota kepada petugas kebersihan yang telah mengantarkan Balikpapan meraih kembali penghargaan kebersihan piala Adipura Kencana, katanya.

"Bonus kali ini lebih besar dibandingkan bonus yang didapat tahun sebelumnnya dan bonus diberikan kepada tenaga naban sedangkan pegawai negeri tidak mendapatkan," kata Azis.

Kota Balikpapan kembali mendapatkan piala Adipura Kencana untuk keempat kalinya tahun ini dengan Surabaya dan Kendari. Adipura Kencana merupakan penhargaan dari segi kebersihan yang dinilai Kementerian Lingkungan Hidup.

Wapres Jusuf Kalla menyerahkan penghargaan Adipura Kencana pada Senin (23/11) kepada tiga kota yaitu Kota Surabaya untuk kategori kota metropolitan, Kota Balikpapan kategori kota besar dan Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara kategori kota sedang.

Wapres Jusuf Kalla berpesan harus adanya penegakan hukum dan berani memberikan sanksi, agar masyarakat dapat mengelola sampahnya sendiri.

Pada saat pemberian penghargaan tersebut Kalla mengatakan keberhasilan meraih anugerah Adipura Kencana menjadi bukti keberhasilan dalam memimpin daerah pada bidang kebersihan lingkungan.

"Sehingga raihan anugerah Adipura Kencana dalam kebersihan lingkungan dapat menjadi nilai tambah bagi pemimpin pentahana atau kepala daerah yang ikut atau ingin dalam pemilihan kepala daerah (pilkada)," kata Kalla. (*)

Pewarta: Susylo Asmalyah

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015