Bontang (ANTARA Kaltim) - Ketua DPRD Kota Bontang Kaharuddin Jafar, Rabu, melantik dan mengambil sumpah anggota baru hasil pergantian antar-waktu, yakni Rusli yang menggantikan Basri Rase, karena maju dalam pencalonan kepala daerah.

Rusli adalah peraih suara terbanyak kedua di Dapil Bontang Selatan pada Pemilu 2014 dengan raihan 773 suara. Ia akan mengisi kursi Basri Rase yang kosong di Komisi III.

Ditemui usai pelantikan, Rusli mengatakan siap bekerja mengawasi dan mengkritisi kinerja Pemkot Bontang dengan mengedepankan kepentingan masyarakat.

Sebagai anggota baru, ia juga akan banyak belajar dari para legislator yang telah lebih dulu duduk di DPRD.

"Pastinya saya akan banyak belajar dari rekan-rekan di DPRD. Tujuan utamanya agar bisa bersama-sama memperjuangkan hak masyarakat," katanya.

Sementara itu, Basri Rase yang juga Ketua Partai Hanura Kota Bontang mengingatkan Rusli agar tetap kredibel dan berintegritas ketika menduduki posisi sebagai wakil rakyat.

Dengan posisi yang sekarang, Rusli akan sangat banyak mendapatkan godaan dari berbagai pihak, sehingga dia harus dapat menjaga moral dan etika.

"Semoga saudara saya (Rusli) waspada dengan posisi barunya. Banyak godaan sebagai anggota DPRD Bontang," ujar Basri Rase yang mundur karena mendampingi Cabup Neni Moerniaeni pada Pilkada Bontang.

Ia berharap Rusli bisa lebih peka, terutama menyangkut pembangunan dan program yang sedang dijalankan pemerintah.

Basri Rase juga akan memberikan gambaran tentang berbagai pekerjaan yang belum sempat diselesaikan saat menjadi wakil rakyat.

"Ini penting, saya minta supaya dalam pengambilan keputusan mengacu pada hati nurani rakyat. Itu adalah visi dan misi partai dan wajib dijalankan," tambahnya. (Adv/*)

Pewarta: Irwan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015