Bontang (ANTARA Kaltim) - Anggota Fraksi Golkar DPRD Kota Bontang, Muslimin mengajak masyarakat setempat untuk terus menghidupkan dan melestarikan budaya gotong royong dalam kehidupan sehari-hari sebagai salah satu warisan nenek moyang.

Menurut Muslimin saat dihubungi di Bontang, Sabtu, negara Indonesia bisa maju karena dibangun dengan jiwa gotong royong dan budaya tersebut menjadi salah satu tradisi masyarakat Indonesia yang tidak boleh tergerus arus globalisasi dan modernisasi.

"Saya mengajak masyarakat khususnya generasi muda, jangan melupakan budaya dan semangat gotong royong yang telah diwariskan nenek moyang kita secara turun-termurun. Indonesia bisa maju karena dibangun dengan jiwa gotong royong, kita jangan sampai melupakan itu," kata Muslimin.

Budaya gotong royong, lanjut Muslimin, perlu dilestarikan keberadaannya karena saat ini kebiasaan tersebut sudah mulai luntur akibat dampak globalisasi dan moderenisasi khususnya di perkotaan.

Selain menjalin kekompakan dengan lingkungan sekitar, melalui gotong royong masyarakat tidak akan mudah terpecah belah karena keakraban sesama akan membangun lingkungan yang harmonis serta saling menghargai.

"Ini merupakan tanggung jawab kita bersama untuk melanjutkan budaya nenek moyang kita. Mari kita bersama-sama untuk melestarikan, karena budaya ini sangat baik dan sudah terbukti manfaatnya," ujar anggota Komisi I DPRD Bontang ini.

Muslimin berharap Pemkot Bontang untuk terus meningkatkan dan menumbuhkembangkan kembali budaya gotong royong yang mulai pupus.

"Fraksi Golkar meminta pemkot terus mencetuskan dan melakukan pembaruan program-program yang dapat membangun budaya gotong royong. Dengan harapan tercipta kembali rasa Pancasilais menjalin persatuan dan kesatuan," ujarnya. (Adv/*)

Pewarta: Irwan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015